Daftar Tunggu Capai 23 Tahun, Pacitan Upayakan Penambahan Kuota Haji

oleh -131.867 views
Foto Ilustrasi, Jamaah Haji Pacitan (Foto: Kemenag Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan mengupayakan penambahan kuota jamaah haji menyusul lamanya daftar tunggu di Kabupaten tersebut mencapai 23 tahun.

Bupati Pacitan, Indartato di sela penyambutan 238 jamaah haji ke Pacitan pada Rabu (12/9/2018) di Pendopo Kabupaten mengatakan pihaknya melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan akan melakukan upaya penambahan kuota haji.

“Besarnya minat warga masyarakat Pacitan untuk melaksanakan ibadah haji adalah gambaran adanya peningkatan perekonomian masyarakat, kami melalui Kemenag Pacitan akan mengirim surat ke Kemenag Pusat,”ujarnya dalam siaran pers Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, kata Indartato, ibadah haji adalah urusan ibadah sehingga pihaknya berupaya masyarakat tidak terlalu lama menunggu.“Kami terus berupaya agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu keberangkatan karena ini urusan ibadah,”kata dia.

Sebagai informasi, masa tunggu jamaah haji di Kabupaten Pacitan mencapai 23 tahun. Ini artinya, jika calon jamaah haji tersebut mendaftar di tahun 2018 ini, maka keberangkatannya pada tahun 2041 mendatang.

Susianto, salah satu pendaftar jamaah haji asal Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo saat mendaftar pada Jum’at (24/8/2018) lalu mengatakan pihak Kemenag Pacitan memberi tahu jadwal keberangkatannya pada tahun 2041. (RAPP002)