Saat Mendes PDTT Kunjungi Obyek Wisata Hits Sentono Gentong

oleh -132.545 views
WISATA SENTONO GENTONG. Mendes PDTT saat mengunjungi obyek wisata Sentono Gentong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Selasa (26/6/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo berkesempatan mengunjungi obyek wisata yang tengah hits di Pacitan, Sentono Gentong di sela kunjungannya ke Pacitan pada Selasa (26/6/2018).

Baca juga: Kunjungi Pacitan, Mendes PDTT Sebut Dana Desa Kembali Naik Tahun Depan

Obyek wisata yang berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku tersebut menjadi kunjungan terakhir Mendes PDTT usai sebelumnya mengunjungi Desa Gemaharjo di Kecamatan Tegalombo dan Desa Sirnoboyo di Kecamatan Pacitan.

Saat berfoto dengan latar belakang teluk Pacitan, Mendes PDTT didampingi oleh sejumlah pejabat Pacitan, diantaranya Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kadisparpora Pacitan Endang Surjasri dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Pemkab Pacitan Dukung Pengembangan Wisata Sentono Genthong

Di Desa Dadapan, Eko menggelar sarasehan dengan para kepala desa se-Kabupaten Pacitan dan mengunjungi obyek wisata Sentono Gentong serta meluncurkan Bumdes desa setempat. Tidak itu saja. Diserahkan pula bantuan untuk 10 Bumdes dengan nilai masing-masing Rp 10 juta.

Sebelumnya di Desa Sirnoboyo, Eko juga berkesempatan meluncurkan Kartu Sirnoboyo Sehat (Kasih). Sebuah program jaminan kesehatan dasar untuk warga kurang mampu. Guna mendanai program tersebut pihak desa menganggarkan uang senilai sebesar Rp 45 juta dari Dana Desa (DD).

Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 145 warga sasaran, termasuk para lansia dan wanita hamil. Nantinya, penerima sasaran program dapat langsung menuju puskesmas untuk memperoleh layanan dasar secara gratis.

Sebelum berkunjung ke dua desa tersebut, Eko juga meninjau pengerjaan program padat karya tunai (PKT) di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo.

Di Gemaharjo, Eko juga berkesempatan melihat produk-produk unggulan Desa Gemaharjo. Salah satu produk unggulan Gemaharjo adalah keripik tempe khas Pacitan.

Secara khusus, Eko juga mengapresiasi pengelolaan dana desa di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo.

“Pengelolaan dana desa di desa gemaharjo Tegalombo sangat baik. Tahap 2 ini sudah cair 100 persen di Pacitan, ini bisa dicontoh untuk daerah lainnya, Pemerintah Pusat sudah menyediakan dana desa, tolong pemerintah daerah untuk membantu desa-desanya bisa segera cair dan bisa sampai desa-desa untuk dilakukan pembangunan,”katanya. (RAPP002)