Kapolres Tepis Kabar Hoaks di Depan FKKD Pacitan

oleh -131.464 views
Kapolres Pacitan Setyo Kus Heriyatno. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno menepis sejumlah kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat saat menghadiri pertemuan rutin Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) se-Kecamatan Pacitan, Kamis (22/3/2018).

“Beredar di masyarakat jika Kapolres Pacitan sedang sakit itu adalah tidak benar atau hoaks. Saya sampai saat ini masih sehat, Jika tidak ada di Pacitan itu karena saya sedang bertugas ke Surabaya atau Jakarta,” kata Setyo K. Heriyatno dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Widoro Pacitan.

Dalam acara yang diikuti oleh seluruh kepala desa dan ibu penggerak PKK se-Kecamatan Pacitan serta unsur Forkopimcam Pacitan, Kapolres juga menyinggung tentang permasalahan tambang pasir yang sampai saat ini terkesan polisi melarang aktivitas terebut.

Kapolres Pacitan menyatakan hal itu tidak benar. Menurut dia, pihaknya tidak pernah menangkap atau mengamankan warga Pacitan terkait pertambangan pasir.

Dia menjelaskan polisi justru ingin melindungi warga Pacitan dengan payung hukum dan legalitas jelas. “Jika ingin melakukan pertambangan pasir, silahkan. Tetapi harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini terkait dengan izin, Amdal dan dampak,” ungkap dia.

Kapolres juga menegaskan kabar ada kegiatan sweeping atau razia kendaraan bermotor oleh petugas sampai di rumah rumah warga adalah berita bohong atau hoaks. Apabila ada kejadian, ungkap dia, masyarakat agar segera melaporkan ke kantor polisi terdekat.

Dia juga meminta masyarakat lebih bijak lagi menyaring berita dan tidak mudah percaya dengan berita berita bohong yang tidak jelas sumbernya.