Bupati Berharap Pacitan Bisa Ciptakan Produk Coklat dan Permen dari Kakao

oleh -647 views
Indartato saat mmebuk apelatihan petani Kakao di Gembuk, Kebonagung. (Foto: Pemkab Pacitan)
Indartato saat membuka pelatihan petani Kakao di Pacitan. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM berharap pengembangan industri kakao di Kabupaten Pacitan terus meningkat. Saat ini, menurut data, untuk lahan tanaman kakao yang ada di Pacitan ini berada diurutan nomor dua terbesar di Jawa Timur setelah Jember.

Untuk memacu target tersebut,  Pemkab melalui Dinas Pertanian menggelar pelatihan petani kakao program pengembangan kakao berkelanjutan. “Jadi nanti ada permen coklat dan coklat dari Pacitan. Karena jika bisa mengembangkan itu nama Pacitan akan terangkat dan perekonomian utamanya juga akan terangkat,”kata Indartato, saat membuka pelatihan petani Kakao di Pacitan pada Selasa (1/8/2017).

Sebagaimana diketahui,  Desa Gembuk Kecamatan Kebonagung merupakan salah satu penghasil kakao yang ada di Pacitan. akan tetapi dalam pengolahannya setelah panen belum maksimal. “Budidaya penanaman kakao di Kabupaten Pacitan sendiri sudah dilaksanakan sejak 10 tahun yang lalu dan terus dikembangkan hingga saat ini,”katanya lagi.




Untuk diketahui, Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang penting dalam industri minuman dan makanan. Biji Kakao yang diolah melalui serangkaian proses dapat menghasilkan produk yang dinamakan dengan cokelat, suatu produk makanan maupun minuman yang sangat disukai oleh sebagian besar anak-anak dan remaja.

Dalam pelatihan tersebut juga akan diisi oleh pemateri dari Asosiasi Petani Kakao Indonesia (APKAI), Drs. Arif Zamroni, Pengolah Pasca Panen oleh Pusat Penelitian Kopi dari Kakao Indonesia, Andi Darmawan serta penumbuhan Industri Kakao Menengah/Kecil Daerah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan, Joko Rinanto. (Pemkab Pacitan/RAPP002)