KPU Pacitan Gencarkan Sosialisasi Pemilu ke Sekolah untuk Gaet Pemilih Pemula

oleh -822 views
KPU menyosialisasikan Pemilu di sekolah. (Foto: KPU Pacitan)
KPU menyosialisasikan Pemilu di SMAN Tegalombo. (Foto: KPU Pacitan)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan terus melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) di sekolah-sekolah yang ada di Pacitan. setidaknya, selama sepekan terakhir, sebanyak empat lembaga Sekolah menengah atas di Pacitan. Keempat sekolah tersebut adalah SMAN 1 Ngadirojo, SMAN Tegalombo, SMKN Bandar dan SMAN Nawangan.

Anggota Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Pacitan, Suhardi saat menyampaikan paparannya didepan ratusan siswa SMAN Tegalombo, Jumat (5/5/2017) di aula SMAN Tegalombo, Desa Gemaharjo mengatakan bahwa pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun hendaknya menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos pada setiap even pemilu dan pilkada di wilayahnya masing-masing.




“Materi kepemiluan sebenarnya sudah tercamtum dalam materi pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Meskipun siswa-siswi pada saat in iada yang sudah atau belum mempunyai hak pilih dalam Pemilu, namun pemahaman awal yang benar mengenai pemilu dan kepemiluan merupakan modal dasar cerdas untuk menentukan masa depan bangsa,”ungkapnya.

Sebelumnya, KPU juga menggela sosialisasi di SMKAN Bandar pada Kamis (4/5/2017), kemudian di SMAN Nawangan pada Rabu (3/5/2017) dan SMAN 1 Ngadirojo pada Kamis (27/4/2017).

Suhardi mengatakan bahwa KPU Pacitan sekarang ini sudah mempunyai Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang di beri nama “Pace”. RPP KPU Pacitan ada untuk mengedukasi mayarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu. “Siapa saja yang ingin belajar tentang pemilu dan kepemiluan bisa datang kesana, gratis,”kata Suhardi.

Sumber/Foto: KPU Pacitan