KPU Pacitan Dirikan Rumah Pintar Pemilu “Pace”

oleh -131.478 views
Ketua KPU Damhudi saat memberikan sambutann dalam peresmian RPP Pace. (Foto: Ronny Wahyono/FB)
Ketua KPU Damhudi saat memberikan sambutann dalam peresmian RPP Pace. (Foto: Ronny Wahyono/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Pace”, yang diresmikan paa Kamis (30/3/2017). “Rumah Pintar Pemilu menyatu dengan kantor KPU. Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian,” ucap ketua KPU Kabupaten Pacitan Damhudi, di Pacitan, Kamis 30 Maret 2017.

Damhudi mengatakan RPP merupakan bagian dari upaya KPU memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat. RPP menjadi program nasional yang diwajibkan KPU pusat kepada semua KPU daerah. “RPP berfungsi menginformasikan sejarah pemilu di Pacitan, eksistensi KPU, dan hal yang berkaitan dengan pemilih,” ujarnya.

Damhudi menyebutkan terdapat empat ruangan di RPP, terdiri atas ruang simulasi, ruang display (pameran) perangkat pemilu terkait dengan data statistik, serta studio mini untuk pemutaran film dan diorama TPS.


Selain itu, RPP fokus memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih (pelajar sekolah menengah atas dan umum) serta pra-pemilih (pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama). “Targetnya, diharapkan mereka memiliki pemahaman bisa menyelenggarakan pemilu,” tuturnya.

Area RPP Pacitan Pace. (Foto: KPU Pacitan)

Damhudi mengatakan bahwa pembangunan RPP itu hanya berlangsung selama satu bulan. KPU Kabupaten Pacitan mengundang sejumlah sekolah yang sudah pernah menyelenggarakan e-voting Ketua OSIS serta sejumlah perguruan tinggi.“Juga terbuka bagi masyarakat umum, jika ingin melihat Rumah Pintar Pemilu cukup datang ke KPU Kabupaten Pacitan, atau mendaftarkan diri melalui website KPU, gratis tidak dipungut biaya,” katanya.

Sementara Eko Sasmito, Ketua KPU Jawa Timur meresmikan RPP Pace tersebut mengatakan bahwa upaya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap pemilu kami harapkan dapat pula dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Satuan Kerja yang ada. “Tentu saja kami juga mengharapkan  adanya fasilitas pendukung,”katanya.

Dia menjelaskan RPP merupakan program nasional. Selain sebagai bentuk kewajiban negara  dalam mencerdaskan pemilih, media informasi tersebut juga merupakan wujud pertanggungjawaban KPU dalam hal transparansi kegiatan.Keberadaan RPP diharapkan menjadi media transformasi pengetahuan terkait segala hal tentang pemilu.

Sementara, Bupati Pacitan Drs H Indartato MM dalam sambutannya menyambut baik media sosialisasi pemilu yang baru pertama kali di daerah yang dia pimpin. Pak In juga mengapresiasi  pemilihan nama `PACE` sebagai istilah yang tak lepas dari sejarah Pacitan.

Dia berharap agar keberadaan RPP dapat meminimalisir persoalan, semisal netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) dan politik uang. Masalah lain yang sering muncul, kata Pak In, menyangkut Daftar Pemilih. Oleh karena itu dirinya minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait berperan aktif mendukung terciptanya Daftar Pemilih yang akurat.”Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih dan selamat atas diresmikannya RPP di KPU Pacitan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Pacitan,”pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan surat edaran KPU RI nomor 339/KPU/VI/2016, KPU telah memprogramkan pendirian Rumah Pintar Pemilu di KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.  

Rumah Pintar Pemilu adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat.

KPU Pacitan merenovasi gudang terbuka yang selama ini digunakan untuk menyimpan kotak dan bilik suara menjadi pilihan tempat pendirian RPP. Adapun rinciannya adalah empat area terdiri dari area display, area diskusi, area simulasi dan area audio visual. Masing – masing area memiliki spesifikasi informasi yang akan ditampilkan. (RAPP002)