Bupati Pacitan Berbagi Kiat Jadi Pemimpin dalam Sarasehan PPI Hiroshima

oleh
Indartato saat berbagi inspirasi dengan PPI Hiroshima. (Foto: KJRI Osaka)
Indartato saat berbagi inspirasi dengan PPI Hiroshima. (Foto: KJRI Osaka)

Pacitanku.com, HIROSHIMA – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM berkesempatan bertemu dengan 60 peserta sarasehan yang digelar Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hiroshima, di Hiroshima, Jepang, Minggu (18/12/2016) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato berbagi tips menjadi pemimpin yang baik kepada para peserta sarasehan yang terdiri dari pelajar, pemagang dan masyarakat Indonesia yang menetap di Hiroshima. “Pertama, pemimpin diharapkan dapat menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat,”katanya.

Selain itu, Indartato menyebut bahwa sebagai seorang pemimpin, seharusnya pelaksanaan tugas dan amanah hendaknya dilandasi oleh niat untuk menyejahterakan masyarakat. “Dan ketiga, pemimpin perlu menggandeng para pakar di bidangnya masing-masing untuk identifikasi masalah serta solusi/inisiatif untuk mengatasinya,”ungkapnya.




Sementara, konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka Wisnu Edi Pratignyo, dalam kesempatan tersebut menggarisbawahi pentingnya peran dan kontribusi masyakarat Indonesia di Jepang khususnya pelajar dan generasi muda dalam mendukung pembangunan daerah di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia khususnya pelajar di Hiroshima didorong uintuk turut menyumbang ide segar dan konkret dalam mempromosikan kerjasama antar daerah berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama menetap di Jepang” kata Wisnu.

Salah satu yang bisa dilakukan, kata Wisnu, adalah  gagasan mengenai peluang kerjasama antara Kabupaten Pacitan dengan salah satu kota di Jepang.

Pada tanggal 18 Desember 2016, Konjen RI Osaka turut dalam sarasehan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hiroshima dengan menghadirkan Bupati Pacitan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 60 peserta baik dari kalangan pelajar, pemagang maupun masyarakat Indonesia yang menetap di Hiroshima. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal RI Osaka. (KJRI/RAPP002)