Sebuah Pohon Tumbang Sempat Macetkan JLS Pacitan

oleh -131.131 views
Pohon mahoni tumbang di Pacitan. (Foto: Purwoto Sumodiharjo/RRI/Info Pacitan)
Pohon mahoni tumbang di Pacitan. (Foto: Purwoto Sumodiharjo/RRI/Info Pacitan)
Pohon mahoni tumbang di Pacitan. (Foto: Purwoto Sumodiharjo/RRI/Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebuah pohon mahoni berdiameter 60 centimeter dengan tinggi sekitar 20 meter yang tumbang melintang di tengah jalan memacetkan jalur lintas selatan (JLS) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon mahoni berusia puluhan tahun yang mengalami lapuk di bagian pangkal batang tersebut.

Warga di sekitar lokasi kejadian di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan mengatakan pohon tumbang hanya selang sekitar lima menit setelah rombongan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono melintas dari Pacitan ke arah Solo/Yogyakarta.

“Beruntung pohon tumbang saat jalan raya sepi sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Agus Taufik Hidayat, warga sekitar.

Ia menuturkan pohon mahoni itu tumbang sekitar pukul 11.00 WIB dengan posisi batang melintang jalan hingga halaman depan Hotel Graha Prima.

Akibatnya, arus lalu lintas macet selama berjam-jam dengan panjang mencapai tiga kilometer.

Selain mengganggu lalu lintas, ranting pohon juga menimpa kabel listrik jaringan tegangan rendah (JTR) milik PLN dan sambungan ke salah satu rumah warga.

Tak berselang lama, beberapa orang petugas tiba di tempat kejadian. Satu regu tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan berupaya membersihkan lokasi.

Batang kayu dipotong-potong dengan menggunakan gergaji mesin yang masing-masing potongan sepanjang 3 meter, selanjutnya didorong ke pinggir dengan menggunakan wheel loader milik UPT Bina Marga.

“Karena itu juga menyangkut arus lintas dari publik, maka kita melaksanakan (pembersihan) dengan dengan fungsi-fungsi evakuasi dan pemotongan. Harapan kami semuanya bisa saling membantu dalam rangka menjaga masyarakat dan juga kelancaran arus transportasi publik,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan Tri Mujiharto.

Menjelang pembersihan selesai, polisi memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan. Hingga pukul 15.00 WIB, jalur utama yang merupakan pintu masuk arah barat Kabupaten Pacitan berangsur normal. (Ant/RAPP002)