Cegah Perpeloncoan, Guru di Pacitan Jadi Panita MPLS

oleh -755 views

Pacitanku.com, PACITAN – Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Pacitan dipastikan ditangani langsung oleh para guru di sekolah. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Suko Wiyono, saat melakukan pemantauan hari pertama pelaksanaan MPLS  di SMPN 5 satu atap di Desa Ponggok Kecamatan Pacitan, Senin (18/7).

Suko menyampaikan bahwa sesuai surat edaran Menteri, MPLS hanya untuk mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan sekolah dengan metode yang menyenangkan.” Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sekarang pengenalan sekolah tidak oleh siswa tapi para guru,” katanya, dilansir laman SKPD Pacitan.

Secara terpisah, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo yang memantau langsung MPLS ke SMA N 1 Pacitan mengatakan bahwa sksi berlebih yang berujung pada tindakan fisik pada masa orientasi sekolah (MOS) tidak lagi diperbolehkan kepada siswa baru.


Guna memastikan pelaksanaan MPLS berlangsung baik, Mbogo menginstruksikan kepada para siswa agar selalu menjaga nama baik sekolah dengan menegakkan disiplin. Menjauhi narkoba serta memanfaatkan media yang ada dengan nilai-nilai moral dan agama. “Tolong anak-anak sekolah yang rajin, belajar yang baik serta menjaga almamater sekolah dengan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan norma susila,”jelasnya.

Dia juga minta para siswa baru mulai membaca peluang pendidikan sehingga nanti dapat menyiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sesuai dengan Permendikbud 18/2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah, istilah masa orientasi sekolah (MOS) diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan berlangsung selama tiga hari, terhitung muli Senin hingga Rabu lusa.