Keindahan 13 Tempat Wisata Pacitan ini Bisa Puaskan Rasa Penasaranmu

Pacitanku.com, PACITAN – Banyak tempat wisata Pacitan yang tersebar di seluruh kecamatan di Pacitan yang membuat Anda begitu mencintai kota kecil ini. Sebagai referensi, berikut Pacitanku.com pilihkan 13 tempat wisata Pacitan yang bisa memuaskan rasa penasaran akan keindahan Pacitan selama ini.

1. Pantai Klayar

Keindahan pesona Pantai Klayar. (Foto: Arif Sasono)

Keindahan pesona Pantai Klayar. (Foto: Arif Sasono)

Wisata pantai Pacitan yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar, yang akhir-akhir ini dijuluki Sphinx van Java. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan.


Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, aka nada Sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang mempesona. Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya. Pun pada saat menjelang sore hari, Lembayung senja atau sunset dengan spektrum jingga kemerahan memeluk erat langit di garis batas barat Klayar di sore itu. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam asyik dengan romansa pesisirnya.

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan pasir putihnya saja. Tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar Bagi yang asing dengan istilah ini, karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. Hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat.

2.  Pantai Buyutan

Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)

Tempat Wisata Pacitan, Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)

Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai Klayar yang juga berada di daerah yang sama. Pantai ini bisa ditempuh dengan motor/mobil (tidak ada kendaraan umum) dari Kota Pacitan sejauh 44 km. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar yang lebih terkenal itu, sekitar 4 km ke arah barat Anda akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan.

Perjalanan dapat ditempus sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota pacitan. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh dan juga jalan terjal dengan berbatuan memberikan kenikmatan tersendiri ketika kita telah sampai di lokasi pantai buyutan. Seperti halnya pantai-pantai lain di Pacitan, Buyutan juga merupakan pantai dengan pasir putih dengan panjang pantai yang cukup panjang. Di sebelah kanan terdapat beberapa batu karang yang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya aja.

Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada (baca: Narodo). Berdasarkan sejarahnya, pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter.

3. Pantai Banyu Tibo

Cekungan pantai Banyutibo yang indah. (Foto : Dok.Pacitanku)

Tempat wisata Pacitan, cekungan pantai Banyutibo yang indah. (Foto : Dok.Pacitanku)

Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucucan airnya langsung terjun ke pantai Selatan.  

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

4. Goa Gong

Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)

Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorojo, Pacitan, 140 km selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Disebut Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Kota Pacitan, petunjuk jalan menuju ke arah Goa Gong juga cukup jelas. Namun semakin mendekat ke Goa Gong, jalan yang dilalui semakin menyempit hingga akhirnya menemukan perempatan jalan yang kecil sebelum akhirnya memasuki pelataran parkir Goa Gong.


Jalan setapak menuju Goa yang telah disemen dengan baik dipenuhi dengan warung-warung yang mejajakan minuman dan makanan tradisional. Penjualnya kebanyakan perempuan dari yang berusia muda hingga nenek-nenek.

Nama Goa Gong diambil dari cerita yang beredar di masyarakat karena di dalam goa ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Jika anda memukul atau mengetuk salah satu stalaktit dan stalakmit, maka akan berbunyi seperti dengungan gong yang memenuhi ruang di dalam goa.

5. Pantai Watukarung

Tempat wisata Pacitan, Pantai watukarung

Tempat wisata Pacitan, Pantai watukarung

Dengan khas dari pantai pasir putih dan ikan banyak, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi tempat itu. Namanya Pantai Watukarung Pantai ini terletak di Desa Watukarung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 Km. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai watu karung agak memerlukan kewaspadaan.

waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke destinasi pantai ini dari pusat Kota Pacitan. Akses jalan menuju Pantai Watukarung tergolong masih sulit. Belum ada sarana angkutan ke sana, akses jalannya pun belum mumpuni.  Tapi begitu sampai lokasi, siapapun peselancar akan merasakan sensasi luar biasa di Pantai Watukarung.

Kepopuleran Pantai Watukarung mendunia setelah peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di pantai ini. Foto-foto Bruce saat berselancar di Watukarung bahkan menjadi sampul utama majalah internasional terkemuka “Waves”.

6. Sungai Maron

Muara Sungai Maron yang dimanfaatkan untuk Lomba Dayung Ngiroboyo. (Foto : Doc. Pacitanku)

Tempat Wisata Pacitan, Muara Sungai Maron yang dimanfaatkan untuk Lomba Dayung Ngiroboyo. (Foto : Doc. Pacitanku)

Di muara Sungai Maron ini seringkali digelar event olahraga pariwisata Festival Dayung Ngiroboyo, yang sudah berlangsung sejak tahun 2012 lalu. Adapun, sungai Maron ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku. Sungai Maron mengalir bermuara menuju Pantai Ngiroboyo yang sudah masuk di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Yang cukup unik dari sungai ini adalah panorama dan kebeningan air sungainya yang memanjakan mata. Pemandangan di sepanjang sungai berdiri pohon kelapa dan pohon jambu yang hijau dan asri dengan air sungai berwarna kehijauan yang menyegarkan. Keberadaan sungai ini juga menjadi denyut nadi masyarakat sekitar.

Di salah satu lokasi aliran Sungai Maron ini terdapat ceruk sungai yang oleh warga Dersono dikeramatkan dengan nama Kali Sirah. Selain itu, Sungai Maron ini memang memiliki daya pikat yang cukup tinggi, selain airnya jernih, juga ratusan ikan air tawar siap dimanfaatkan warga setempat. Sungai Maron sangat berarti bagi masyarakat Desa Dersono di Pringkuku dan Desa Sendang di Donorojo, karena berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan.

7. Kali Barong

Tempat wisata Pacitan, Bupati mendayung perahu di Kali Barong. (Foto: Pekathik Kadipaten)

Tempat wisata Pacitan, Bupati mendayung perahu di Kali Barong. (Foto: Pekathik Kadipaten)

Selain sungai Maron, kini sedang dicoba pengembangan wisata berbasis sungai yang letaknya tidak jauh dari Sungai Maron, yakni Sungai Barong, yang terletak di Dusun Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Awalnya, sungai Barong ini hanyalah sungai biasa, namun sejak dibendung beberapa bulan lalu, sungai ini kini menjadi tempat untuk melakukan kegiatan mendayung perahu masyarakat setempat. Selain mendayung, anak-anak di dusun Barong juga nampak asyik melakukan aktivitas berenang di sungai yang dibendung sekitar 150 meter ini.

Sungai Barong adalah sebuah sungai kecil yang berada di Desa Candi Pringkuku. Jika ditempuh dari pusat kota Pacitan, untuk menuju sungai ini bisa melalui pertigaan menuju ke pantai Watukarung, kemudian sesampainya di depan balai desa Poko, bisa melewati jalur ke kanan kurang lebih sekitar 8 km menuju ke lokasi.

8. Pantai Srau

Karang dan Pasir Putih Pantai Srau (Dok.Pacitanku)

Tempat Wisata Pacitan, Karang dan Pasir Putih Pantai Srau (Dok.Pacitanku)

Selain Pantai Klayar, obyek wisata di Pacitan dengan corak yang serupa adalah pantai Srau. Corak yang sama antara kedua pantai ini adalah dari ciri khas pasir putih yang sangat mencolok, juga banyaknya karang yang terlihat sangat indah di kedua pantai ini. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan. Jalan menuju pantai Srau cukup berkelok-kelok dan hanya melewati ruas jalan yang kecil dan desa desa yang kebanyak masih berumah gebyok (dari kayu) meskipun sudah ada beberapa rumah yang terbuat dari tembok.

Yang membedakan Klayar dengan Pantai Srau adalah wilayahnya, Klayar memiliki area yang sempit, sedangkan Pantai Srai memiliki area yang sangat luas, dan bahkan tak terbatas. Sehingga dengan area yang sedemikian luas, banyak digunakan untuk area parker mobil dengan tanpa khawatir tidak kebagian tempat.

9. Pantai Teleng Ria

Ombak Pantai Teleng Ria

Tempat wisata Pacitan, Ombak Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria ini adalah Pantai yang jaraknya sangat dekat dari pusat Kota Pacitan, yaitu sekitar 3,5 Km atau 5-10 menit perjalanan. Pantai Teleng Ria merupakan Pantai yang modelnya adalah berupa teluk Pacitan, selain Pantai pancer yang berada di sisi timur Teluk pacitan. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, dan menghadap Samudera Indonesia.

Walaupun pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan. Kondisi yang demikian ini membuat Pantai ini menjadi salah satu alternatif liburan keluarga anda, Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3 Km. Ombak di pantai inipun cocok bagi mereka yang ingin berenang atau hanya untuk bermain-main di kala liburan keluarga. Pemandangan yang melatarbelakangi pantai inipun tak kalah indah, karena disekitarnya dikelilingi oleh rangkaian Gunung Limo.

10. Pemandian Air Hangat Tirta Husada

Wisatawan memadati Pemandian Air Hangat Tirta Husada (Foto: Yunie Wahyu)

Wisatawan memadati Pemandian Air Hangat Tirta Husada (Foto: Yunie Wahyu)

Pemandian air hangat ini terletak di Kecamatan Arjosari, tepatnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 15 km arah utara kota Pacitan.

Lokasi untuk mencapai pemandian Air hangat tidak sulit ditempuh. Anda bisa memanfaatkan tiga jalur utama yang menuju dan dari kota Pacitan Pertama jalur Solo-Wonogiri-Pacitan. Kedua jalur Ponorogo-Pacitan. Jarak Solo Pacitan sekitar 117 km, Ponorogo-Pacitan 60 km. Jika anda mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Ponorogo menuju kota Pacitan, 50 meter sebelah pasar Arjosari, belok kanan kurang lebih berjarak 3 km ke arah Nawangan.

Banyu Anget terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Pemandangan sekitar lereng begitu menawan. Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan.

11. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)

Tempat wisata Pacitan, Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)

Pantai Pidakan berada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak. Pantai tersebut terkenal keindahan alam dan terkenal kesejukannya. Tetapi jalan menuju ke Pantai tersebut kurang memadai.


Jika melewati Jalur Lintas Selatan, akan lebih mudah karena pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 2 Km dari JLS. Pantai Pidakan bisa dikatakan sebagai pantai yang masih natural, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material Pantainya 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.


12. Pantai Soge

Pantai Soge, terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini berada di pinggir jalan raya atau lebih tepatnya Jalur Lintas Selatan, Selain itu terdapat juga muara yang menambah keunikan pantai ini. Dengan di bangunnya JLS di Pacitan membuat pantai Soge menjadi tempat baru untuk nongkrong, apalagi di kawasan Pantai Soge ini terdapat jembatan Soge yang bagus.

13. Pantai Taman

Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)

Tempat wisata Pacitan, Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)

Tak salah rasanya jika menyebut kawasan wisata Pantai Taman, di Desa Hadiwarno, Ngadirojo menjadi salah satu obyek wisata yang menyajikan nuansa edukatif atau pendidikan di Pacitan. Selain karena memang kawasan ini untuk rekreasi keluarga, kompleks pantai Taman juga menawarkan wisata pendidikan yang ditujukan untuk akademisi, sekolah maupun berbagai stake holder pendidikan lainnya.

Selain wisata pantai, di Pantai Taman sendiri saat ini tengah dikembangkan flying fox sebagai obyek wisata petualangan, dan yang tak kalah penting dalam konsep wisata pendidikan adalah pengembangan konservasi penyu.

Nah, demikian 13 tempat wisata Pacitan yang bisa Anda jadikan referensi berlibur Anda pekan ini, selamat berlibur di Pacitan. (RAPP002)

 

Goa Pacitan Keindahan Tempat Wisata Pacitan Pantai Klayar Pantai Pacitan Tempat Wisata Pacitan Wisata Pacitan

Posting Terkait