Indartato: Wilayah Kumuh di Pacitan Hampir Tidak Ada

oleh -10808 views
Bupati Pacitan Indartato bersama ibu (Foto : bapemaspacitan)
Bupati Pacitan Indartato bersama ibu (Foto : bapemaspacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan, Indartato menyampaikan bahwa pemerintah, termasuk diantaranya adalah pemerintah daerah (pemda) memiliki kewajiban memberikan kehidupan yang layak untuk masyarakat. Hal itu disampaikan Indartato saat membuka Lokakarya Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (P2KKP Tingkat Kabupaten Tahun 2015, di Ruang Krida Pembangunan lantai II, Kantor Sekda Kabupaten Pacitan, belum lama ini.

Indartato menyebut, saat ini, Pacitan sudah menyukseskan program pemberdayaan masyarakat. Sebelum P2KKP diluncurkan pemerintah saat ini, kata Indartato, sejak tahun 2009 pihaknya sudah sukses dengan gerakan PNPM Mandiri Perkotaan.

“PNPM Mandiri Perkotaan, yang kegiatannya di Kabupaten Pacitan dimulai pada tahun 2009 hingga sekarang, terbukti sudah terlaksana dengan baik. Saat ini PNPM Mandiri Perkotaan berubah nama menjadi P2KKP, kami mengharapkan pelaksanaan program mendatang juga sama baiknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Indartato menyampaikan data terkait kesuksesan program pemberdayaan masyarakat perkotaan, salah satunya adalah melalui gerakan 100-0-100. “Dengan gerakan itu, Kabupaten Pacitan saat ini sudah mampu memenuhi akses air minum sebesar 67 persen, sementara untuk wilayah kumuh di Pacitan sebanyak 0,062 persen atau hampir tidak ada, dan kebutuhan akses sanitasi terpenuhi 86 persen,” sebutnya.

Agenda Lokakarya Sosialisasi P2KKP Tingkat Kabupaten Tahun 2015 ini sendiri dihadiri tak kurang dari 74 peserta, yang terdiri atas Komisi D dan Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan, SKPD terkait, camat dan PJOK kecamatan, kepala desa se-Kecamatan Pacitan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan perwakilan dari Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) serta tokoh masyarakat. (RAPP002)