Mengenal Kampung Pachitan di Malaysia, Kampung yang Sebagian Warganya dari Pacitan

oleh -2.157 views
Warga Kampung Pachitan. (Foto : Mr Jocko)
Warga Kampung Pachitan. (Foto : Mr Jocko)
Warga Kampung Pachitan. (Foto : Mr Jocko)
Warga Kampung Pachitan. (Foto : Mr Jocko)

Pacitanku.com, MALAYSIA—Ada yang pernah tahu, jika di Malaysia ternyata ada sebuah kampung yang sebagian besar penduduknya adalah warga Pacitan, Jawa Timur? Ya, kampung itu bernama kampung Pachitan.  Kampung Pacitan terletak di Negeri Sembilan, Malaysia.  Letaknya tak begitu jauh dari Bandara Port Dickson.

Di Kampung Pachitan, rata-rata penduduknya keturunan Jawa Timur. Makanya, bahasa sehari-hari mereka juga menggunakan Bahasa Jawa. Ngumpul-ngumpul di tepi jalan, bahasa Jawa mereka kedengaran dan sangat akrab di telinga.

Kampung Pachitan, atau Pachitan Village, awalnya dibentuk pada tahun 1922 oleh kelompok pendatang dari Pacitan khususnya dan Jawa Timur. Disebut kampung Pachitan karena banyak orang Pacitan di Jawa Timur yang menetap di Malaysia, dan orang Pacitan terus mempertahankan budaya Indonesia di Malaysia.

Yang cukup terkenal di kampung Pachitan adalah Homestay yang sangat terkenal di Negeri Sembilan. Walaupun Homestay Kampung Pachitan ini terletak 20 kilometer dari  Port Dickson, namun tetap menarik para wisatawan karena para wisatawan akan memiliki pengalaman menginap luar biasa di kampung tersebut.

Selain homestay, di kampung Pachitan ini juga ada yang namanya menu khas kampung Pachitan, yakni Nasi Ambeng. (RAPP002)