Sisi Lain Sungai Grindulu : Perpaduan Sesar dan Harmoni Alam

oleh -131.381 views
Keindahan pesona sungai Grindulu Pacitan (Foto : Joko Pitono)
Keindahan pesona sungai Grindulu Pacitan (Foto : Joko Pitono)

Pacitanku.com, TEGALOMBO—Selama ini, saat kita berkunjung ke Pacitan, obyek wisata yang sering dikunjungi adalah pantai maupun goa. Namun, pemandangan alam selain kedua obyek wisata tersebut tak bisa diremehkan. Salah satu yang memiliki panorama mengesankan adalah Sungai Grindulu.

Sungai yang membentang di Kecamatan Tegalombo hingga Kecamatan Pacitan ini memiliki sisi lain pemandangan alam yang cukup unik. Pemandangan unik dan panorama mengesankan tersebut ada di salah satu daerah sungai Grindulu, tepatnya di Plengkung, Tegalombo, Pacitan.

Sesar Sungai atau patahan, yang terlihat seperti batuan karang yang perkasa, berpadu dengan air dan hijaunya alam menjadikan Sungai ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta fotografi. Seperti yang dilakukan oleh salah satu fotografer, Joko Pitono.

“Perjalanan lintas selatan Jawa Timur yang melintasi Ponorogo ke Pacitan tentu sangat menjemukan. Jalanan berkelok hampir tiada habisnya. Di sisi kanan tebing dan di kiri sungai Gerindulu dengan bebatuan yang menawan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Portal Pacitanku, Ahad (12/10/2014).

Lebih lanjut, Joko menyatakan kekagumannya dengan pemandangan sungai Grindulu yang merupakan sungai terpanjang di Pacitan itu. “Setelah melewati perbatasan Ponorogo- Pacitan perjalanan akan disuguhi susunan bebatuan purba dari formasi sesar Gerindulu yang sangat menawan. Aneka bentuk dan warna bebatuan sungguh menakjubkan,” katanya.

Selama ini, sungai Grindulu sendiri selain dijadikan obyek fotografi, juga dimanfaatkan warga setempat untuk kebutuhan sehari.

Anda tertarik mengabadikan keindahan alam sungai Grindulu?