Indahnya “Pulau Terasing Nan Menawan” Pantai Babakan Tuguragung

oleh -769 views
Pantai Babakan Tuguragung (Foto : Doc.Info pacitan)
Pantai Babakan Tuguragung (Foto : Doc.Info pacitan)
Pantai Babakan Tuguragung (Foto : Doc.Info pacitan)
Pantai Babakan Tuguragung (Foto : Doc.Info pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU—Membincangkan keindahan pantai yang berada di Pacitan seperti tak pernah ada habisnya. Selain karena garis pantai di Pacitan cukup panjang, pantai – pantai yang berada di kawasan tempat kelahiran presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki ciri khas yang mempesona.

Salah satu obyek wisata pantai dengan keindahan yang masih tersembunyi adalah Pantai Babakan Tuguruangung. Seperti halnya pantai lain di sepanjang kawasan barat Pacitan, pantai Babakan Tugurangung memiliki karakteristik berupa batuan karang hasil abrasi laut yang memecah karang. Akibat abrasi ini, beberapa pahatan alam menjadikan batuan karang di sepanjang pantai ini menjadi bumbu – bumbu penyejuk mata.

Pantai Babakan Tugurangung ini terletak di Desa Dadapan di Kecamatan Pringkuku, ditempuh dari pusat kota sekitar 10 Km. setelah sampai di kawasan monumen tumpak rinjing, masih harus menuju ke kawasan lapangan tembak di dekat monumen tersebut.

Untuk mencapai pantai ini bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Namun kendaraan hanya sampai di kawasan lapangan tembak yang memang sangat lapang. Setelah sampai di lapangan tembak, untuk menuju tempat ini anda harus berjalan sekitar 1,5 Km atau sekitar 15 menit. Kendaraan tidak bisa masuk ke area pantai karena jalannya hanya setapak, bahkan bagi yang baru berkunjung, harus berpegangan tali dari tetumbuhan yang hidup di bukit tersebut agar tidak terjatuh.

Disarankan, mengunjungi kawasan pantai ini bersama dengan rombongan yang banyak, agar tak tersesat maupun tidak bertemu hewan liar seperti monyet dan hewan – hewan lainnya. Dan saat tiba di  di pantai Babakan Tuguragung, anda serasa menatap taman safari di Bogor, karena arena pantai ini berhadapan langsung dengan perbukitan yang hampir semua permukaan bukitnya diselimuti berbagai macam flora dan fauna.  

Saat berada di bukit terakhir menuju ke pantai, anda akan menyaksikan keindahan samudera hindia yang terletak di Pacitan. Ombak besar khas laut selatan disertai semilirnya angin pantai babakan Tuguragung ini menjadi pemandangan yang indah dan sayang untuk anda lewatkan.

Pantai Babakan Tugurangung (Foto : Doc.Info Pacitan)
Pantai Babakan Tugurangung (Foto : Doc.Info Pacitan)

Sebanding dengan perjalanan menuju ke kawasan pantai ini yang memerlukan perjuangan keras, namun saat tiba di kawasan pantai, anda serasa berada di pulau terasing tak berpenghuni, hanya karang – karang perkasa dan hempasan ombak yang menjadi musik alam yang menarik untuk didengarkan.

Kondisi pantai Babakan Tugurangung ini masih benar – benar alami. Airnya pantai yang jernih, batuan karang hasil abrasi laut menjadi pahatan – pahatan yang elok, bisa juga anda gunakan untuk mengabadikan momen – momen istimewa bersama sang terkasih.

Di sela – sela batu karang dengan air yang jernih,  ikan – ikan bebas berenang dan berekspresi di beningnya air laut. Selain ikan, rumput laut yang terletak di pinggir pantai, pun dihiasi dengan biota laut lainnya, seperti kerang dan keong yang menambah keindahan alam pantai Babakan Tuguragung.

Terkait fasilitas, jangan ditanyakan, karena hingga artikel ini tayang, fasilitas di pantai ini masih belum ada. Namun demikian, anda bisa gunakan pantai ini untuk camping. Dengan membawa ikan laut, di beebrapa titik di pepohonan yang rimbun bisa digunakan untuk menikmati ikan bakar dengan teman – teman lainnya. Akhirnya, selamat menikmati petualangan dan keelokan pantai Babakan Tugurangung, hanya ada di Pacitan.

Redaktur : Ajeng Miranti