Palang Merah Remaja Pacitan Harus Jadi Agen Kemanusiaan Yang Tanggap

oleh -131.082 views
Jumbara
Jumbara

Pacitanku.com, PACITAN—Kecakapan anggota Palang Merah Remaja berperan penting dalam mengemban tugas kemanusiaan. Sebagai kader Palang Merah Indonesia (PMI), para siswa ini dididik terampil serta peduli terhadap permasalahan sosial di lingkunganya.

Demikian dikatakan Bupati Pacitan Indartato saat membuka kemah Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) ke XII tingkat Kabupaten di bumi perkemahan pancer door, Senin (16/9). Menumbuhkan jiwa kemanusiaan ini tandas Bupati sangat penting untuk melatih empati dan peka terhadap sesamanya. Anggota PMR dapat menjadi agen kemanusiaan bagi pemerintah sehingga keberadaanya benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

Dalam kesempatan meninjau tenda-tenda peserta kemah, salah satu kontingen dari Kecamatan Bandar melaporkan kekeringan yang mulai melanda warga. Mereka minta pemerintah segera menindak lanjuti dengan mengirimkan air bersih.  Atas laporan tersebut Bupati Indartato langsung minta pihak terkait segera bertindak.

Kabupaten Pacitan merupakan daerah pegunungan dengan tingkat rawan bencana cukup tinggi. Seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung hingga kekeringan saaat musim kemaru. Seperti diungkapkan Mulyono ketua PMI Kabupaten Pacitan Yang juga Exofficio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), diwilayah kabupaten Pacitan terdapat 43 titik rawan kekeringan.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada wilayah lain yang juga bernasib sama, namun belum tersentuh bantuan. Melalui anggota PMR, para remaja ini diharapkan menjadi penyambung informasi yang efektif. Melaporkan dan mengusahakan bantuan agar mereka yang membutuhkan terlayani.

Kemah Jumbara ke XII merupakan wahana untuk menyiapkan anggota PMR menjadi kader PMI yang lebih baik. Untuk itu itu setiap anggota PMR wajib membekali diri dengan keterampilan dan keahlian menangani korban serta memiliki jiwa kemanusiaan yang kuat. Kemah Jumbara XII Terdiri dari anggota PMR Pemula, Madya dan wira dengan total peserta sebanyak 1300.

Sumber/Foto : Pacitankab.go.id