Merokok Dan Jarang Makan Sayur? Hati – Hati Kanker Usus Mengintai

oleh -0 Dilihat
kanker usus
kanker usus

Pacitanku.com, JAKARTA—Kanker usus besar merupakan salah satu kanker yang paling mematikan dan sulit disembuhkan. Kebiasaan sepele yang tidak sehat bisa memicu hadirnya kanker ini lho.

Dr Dean Koh, Ahli Bedah Mount Elizabeth Novena Hospital, dalam keterangan tertulis yang diterima belum lama ini mengatakan orang yang berisiko terkena kanker usus besar adalah orang yang sudah berumur 50 tahun ke atas. Selain itu adalah mereka yang mempunyai riwayat kanker usus besar dalam keluarga.

“Merokok, sering mengonsumsi daging merah, jarang mengkonsumsi buah juga sayur, dan jarang olahraga juga bisa jadi pemicu,” kata Dr Dean Koh.

Gejala dari fase awal penyakit ini sering tidak terlihat atau sering diabaikan oleh penderitanya. Seperti masalah pada pencernaan atau buang air besar, terjadinya pendarahan pada feses, kehilangan berat bdan serta nafsu makan.

Untuk terhindar dari penyakit kanker usus besar, yang merupakan kanker pembunuh kedua ini, perlu untuk tidak mengabaikan gejala-gejala yang muncul. Segeralah periksakan diri ke dokter jika muncul salah satu gejala.

Selain itu pemeriksaan feses dan darah, juga kolonoskopi dapat dilakukan guna mencegah kanker ini berkembang biak dan terlambat ditangani. Dan bagi yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki kanker usus besar, sebaiknya dilakukan screening setiap tiga tahun sekali.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa ia mengidap kanker usus, sampai penyakit tersebut semakin parah, akhirnya kanker terdeteksi setelah sudah stadium lanjut. “Banyak penderita kanker usus besar yang tidak sadar bahwa mereka terjangkit penyakit tersebut sampai penyakit itu semakin parah,” ujar Dr Dean Koh. (PA/det)

Sumber : detik