Tangis Haru Warnai Kepulangan 305 Jemaah Haji Asal Pacitan

oleh -176 Dilihat
SAMBUT JEMAAH. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyambut jemaah haji yang pulang ke kampung halaman pada Kamis (27/6/2024) dini hari. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jemaah haji Kabupaten Pacitan tiba kembali di Kabupaten Pacitan. Kedatangan rombongan haji disambut langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di pendopo kabupaten, Kamis, (27/6/2024) dini hari.

Tangis haru sanak keluarga mewarnai kepulangan para tamu Allah tersebut. Jemaah haji Kabupaten Pacitan yang berjumlah 305 orang diangkut  menggunakan 7 armada bus.

Baca juga: 305 Jemaah Haji Asal Pacitan Tiba di Kampung Halaman Rabu Malam, Kemenag: Dalam Kondisi Sehat

Demi keamanan jemaah, panitia hanya memperbolehkan 2 anggota keluarga ikut dalam acara penyambutan.

“Selamat datang di Pacitan dan saya titip kepada keluarga tolong dijaga saudara kita yang baru datang karena ibadah haji itu ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Dalam kesempatan itu Mas Aji mengajak seluruh jemaah dan tamu undangan memanjatkan doa membacakan surat Al Fatehah untuk jemaah haji atas nama Imam Turmudi bin Abuyamin yang meninggal dunia saat menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Pacitan Mutongin berharap semua jemaah haji asal Pacitan berada dalam kondisi baik-baik saja dan tidak kurang satu apa pun setelah sampai di kampung halaman masing-masing.

“Jemaah haji tiba di Pacitan (Rabu malam) sekitar jam 12, secara umum jemaah dalam kondisi sehat,”kata Mutongin, saat dihubungi Pacitanku.com, Rabu petang.

Dalam kepulangan 305 jemaah haji, ada 7 bus pengangkut jemaah haji dan 3 truk yang mengangkut koper jemaah.

Dijelaskan Mutongin, jemaah haji asal Pacitan yang tergabung dalam kloter SUB-15 bersama rombongan dari kabupaten dan kota lain di Jawa Timur telah merampungkan ibadah di tanah suci sejak Rabu (15/5/2024).

Meski demikian, Mutongin mengatakan dari total 305 jemaah haji yang pulang ke Pacitan, ada 3 jemaah yang perlu perawatan khusus.

“Ada 3 jemaah haji perlu perawatan khusus dari tim medis karena kelelahan, beliau-beliau dibawa ambulans duluan,”ujarnya.

Sebagai informasi, Pacitan ada tahun 2024 ini memberangkatkan 306 jamaah calon haji. Namun dalam perjalanan ibadahnya, satu jemaah atas nama Imam Turmudi bin Abuyamin, warga Desa Semanten, Kecamatan Pacitan meninggal dunia pada Minggu (19/5/2024) pukul 02.18 waktu Arab Saudi (WAS).

“Dari total 306 jemaah, meninggal 1 orang, sehingga yang pulang ke Pacitan 305 jemaah haji,”pungkas Mutongin.

No More Posts Available.

No more pages to load.