Lagi, Aktivis Pemuda Ambil Formulir Pendaftaran Bacabup Pacitan Lewat PDIP

oleh -476 Dilihat
Aktivis Pemuda Ambil Formulir Pendaftaran Bacabup Pacitan Lewat PDIP. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah sebelumnya Muhammad Tonis Dzikrullah, kini satu lagi aktivis pemuda yang berjuang dalam kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan.

Adalah Nicko Mardiansyah, aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati. Sama dengan Tonis, Nicko mengambil formulir pendaftaran Bacabup di kantor PDI Perjuangan Pacitan.

Nicko Mardiansyah sendiri seorang anak muda alumnus Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Yogyakarta.

Salah satu relawan Nicko, Danizar yang juga Ketua Relawan Pemuda Pacitan Bersatu, menyatakan bahwa gerakan mereka bertujuan untuk mendobrak kebekuan politik yang selama ini terjadi di Pacitan.

“Kami ingin membuka seluas-luasnya partisipasi masyarakat dalam proses politik, khususnya bagi anak muda. Sudah saatnya ada perubahan nyata yang dipimpin oleh generasi muda,”kata Danizar, Senin (20/5/2024) di Pacitan.

Sekretaris Relawan Pemuda Pacitan Bersatu Ara Dea menekankan pentingnya regenerasi kepemimpinan di Pacitan. Atas dasar itulah dia menilai Nicko cocok menjadi pemimpin muda Pacitan.

“Pacitan butuh sosok anak muda yang progresif seperti Nicko Mardiansyah. Ini juga sejalan dengan tren politik nasional yang semakin banyak didominasi oleh kaum muda yang membawa semangat baru dan inovatif. Wayahe sing enom tampil (saatnya yang muda tampil, red),” tegas Ara Dea.

Nicko Mardiansyah dikenal sebagai figur yang memiliki visi dan idealisme kuat, dengan latar belakang akademis dan pengalaman organisasi yang mumpuni.

Sebagai mantan Ketua DPC GMNI Yogyakarta, Nicko memiliki rekam jejak dalam memimpin dan menggerakkan perubahan di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Menurut Ara, pengambilan formulir pendaftaran ini merupakan langkah awal dari perjuangan Pemuda Pacitan Bersatu untuk mengusung calon yang diyakini mampu membawa perubahan signifikan bagi Pacitan.

Dia berharap dukungan dan partisipasi masyarakat akan semakin besar seiring dengan berjalannya proses pencalonan ini.

“Kami berharap dapat membawa semangat baru dalam politik lokal dan mendorong keterlibatan anak muda dalam pembangunan daerah,”pungkas Ara.

Dengan mendaftarnya Nicko, kini sudah ada 3 mendaftar bacabup/bacawabup dari PDIP. Yang pertama adalah Tonis, kemudian Ronny Wahyono dan yang ketiga adalah Nicko.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Di Pacitan, dari semua parpol pemilik kursi DPRD, hanya Partai Demokrat yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon sendiri. Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk mengusung paslon.

Sebab, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota perlu memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

Di Kabupaten Pacitan, dengan total kursi DPRD sebanyak 45, maka memerlukan minimal 9 kursi sebagai ambang batas minimal pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Dari 9 Parpol pemilik kursi DPRD Pacitan tahun 2024, hanya Partai Demokrat yang bisa mencalonkan kepala daerah secara mandiri.

Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk memajukan calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang, yakni Partai Golkar (7 kursi), PDIP (6 kursi), PKB (5 kursi), Nasdem (2 kursi) PPP (2 kursi), PKS (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi).

Dari 8 parpol diluar Partai Demokrat, baru 3 Parpol yang sudah menentukan sikap politiknya, yakni PPP, Hanura dan Gerindra.

Tiga Parpol dengan total 5 kursi DPRD itu resmi mengusung bakal calon dari Partai Demokrat, yakni Rakhman Wijayanto sebagai Bacawabup Pacitan pada Pilbup 2024 mendatang.

Sedangkan Golkar, PDIP, PKB, Nasdem dan PKS belum menentukan sikap politiknya dalam Pilbup Pacitan. (PP)

No More Posts Available.

No more pages to load.