Alun-alun Pacitan yang Semakin ‘Cantik’ dan Nyaman Jadi Tempat Nongkrong

oleh -357 Dilihat
Alun-alun Pacitan yang Semakin ‘Cantik’ dan Nyaman Jadi Tempat Nongkrong. (Foto: Pelangi Ayska Chrysanni/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kawasan alun-alun menjadi salah satu tempat publik yang menjadi tujuan healing bagi masyarakat.

Selain pemandangan yang asri dengan banyak nya tumbuhan, di alun-alun kota pacitan kita terdapat pedagang- kaki lima (PKL), tentu saja dengan harga-harga yang sangat terjangkau.

Apalagi, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menambah sejumlah fasilitas baru yang melengkapi alun-alun Pacitan sebagai tempat publik yang nyaman.

Di alun-alun sisi timur, Pedagang Kaki Lima (PKL) berjejer dan menjadi tempat jujugan wisata kuliner Masyarakat Pacitan.

Sementara di sisi barat, arena bermain semakin komplit, seperti arena playground dan juga arena olahraga.

Salah satu pedagang di alun-alun, Adit mengungkapkan saat ini alun-alun semakin nyaman dan adem. Hal itu yang membuat dirinya betah berjualan di kawasan alun-alun.

“Betah jualan di alun-alun, tempatnya adem. Apalagi kalau sore pas anak-anak pulang sekolah banyak yang mampir,”kata  Adit, Minggu (11/2/2024).

Tidak hanya dijadikan sarana healing atau rekreasi keluarga, banyak orang yang menggunakan Alun-alun sebagai sarana olahraga. Banyak sekali terlihat warga yang sedang menikmati hari mereka dengan bersepeda mengelilingi Alun-alun dan juga ada yang melakukan jogging.

Alun-alun ini juga menjadi favorit anak-anak, selagi bersantai orang tua biasanya menikmati Alun-alun sambil melihat anak mereka bermain di playground yang sudah di sediakan.

Memang sejak beberapa tahun belakangan, alun-alun ‘disulap’ menjadi Kawasan ruang terbuka hijau. Pemkab Pacitan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membangun ruang terbuka hijau di kawasan alun-alun Pacitan sisi barat.

Revitalisasi dan peremajaan dengan penanaman rumput untuk membuat RTH. Namun demikian revitalisasi tersebut tetap mempertahankan asilitas yang selama ini sudah ada seperti lapangan bola voli dan lapangan basket.

Selain playground, di sisi barat juga ada arena skatepark, yang bisa atlet skateboard, atlet sepeda BMX dan sepatu roda. Skatepark yang berada di sisi barat alun-alun ini seluas sekitar 20 meter persegi.

Didesain dengan konstruksi bagi pemula untuk latihan para pecinta olahraga papan seluncur dan lainnya.