PLN Nusantara Power UP Pacitan Galang Kerjasama dengan Pemkab Pacitan untuk Maksimalkan Pemanfaatan Faba

oleh -Dibaca 144 kali
GANDENG PEMERINTAH. PLN Nusantara UP Pacitan bertemu Bupati untuk kerjasama pemanfaatan limbah pada Senin (17/4/2023). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – PLN Nusantara Power UP Pacitan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk pemanfaatan limbah faba. Bentuk Kerjasama tersebut adalah menggelar Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Pacitan pada Senin (17/4/2023) di kantor Bupati Pacitan.

Senior Manager PLN Nusantara Power UP Pacitan, Dwi Juli Harsono saat dikonfirmasi Pacitanku.com, usai pertemuan dengan Bupati mengatakan dengan adanya MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) penyerapan FABA dapat dimaksimalkan untuk masyarakat Pacitan.

“Dengan terlaksananya MOU dan PKS dengan Pemkab Pacitan tentu ini untuk masyarakat. Kedepan kita berharap insfrastruktur semakin cepat, selain itu masyarakat juga dapat mengambil faba yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif bahan,”kata Dwi.

Lebih Lanjut, Dwi menjelaskan pemanfaatan limbah faba juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di Pacitan.

“Karena Februari 2021 (limbah faba) itu sekarang menjadi limbah non B 3. Untuk paving untuk batako, jalan desa, ini tentu sangat bermanfaat sekali. Karena PLTU kami tempatnya di Pacitan, ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami sebagai perusahaan di Pacitan,”jelas dia.

Sementara, kata dia, untuk tahun ini pemanfaatannya digunakan sebagai stabilisasi tanah untuk pengurukan. Selain itu yang terbaru, Dwi mengatakan jajarannya juga membuat pupuk dari limbah faba tersebut.

“Jika (pupuk limbah faba) nanti hasilnya bagus, tentu akan dimanfaatkan sebagai pupuk bagi petani di Pacitan,”tandasnya lagi.

Sementara Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji mengatakan pemaksimalan pemanfaatan faba di Pacitan dapat turut membantu Pemerintah dalam mempercepat pemerataan pembangunan.

“Tentu dengan FABA akan mempercepat pembangunan, selain untuk pembangunan, pemanfaatan lain sebagai pupuk tanaman juga harus terus diteliti, jika memang baik, nantinya dapat membantu mengatasi kelangkaan pupuk yang ada di masyarakat,”kata Aji.