Mbois Punya Program ‘Smart Kampung’ Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis IT di Desa

oleh -0 Dilihat
Paslon nomor urut 2 Mbogo-Isyah di Pilbup Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 2 Yudi SumbogoIsyah Ansori (Mbois) memiliki program program ‘Smart Kampung’ atau Desa. Program tersebut merupakan pelayanan publik berbasis teknologi informasi untuk mempermudah pelayanan hingga ke tingkat desa.

“Smart kampung merupakan penguatan pelayanan publik unggul berbasis desa, berpadu dengan pemberdayaan ekonomi, penguatan SDM, dan peningkatan infrastruktur,”ujar Yudi Sumbogo kepada pewarta, Minggu (11/10/2020).

Lebih lanjut, Yudi Sumbogo mengatakan, program tersebut mengadopsi program dari Kabupaten Banyuwangi yang menjadi Kabupaten percontohan tingkat Nasional dengan program tersebut.

Menurut dia, selama ini dengan program Smart Kampung, desa-desa di Kabupaten Banyuwangi semakin kreatif berinovasi. Banyak desa yang meraih penghargaan karena inovasi layanan publik melalui Smart Kampung.

“Hal ini akan kita terapkan di Kabupaten Pacitan disaat Mbois memimpin nanti, Agar Pacitan bisa bersaing dengan Kabupaten lainnya yang lebih maju,”tambah pria yang juga Wakil Bupati Pacitan tersebut.

Yudi mengatakan dirinya pernah berkunjung ke Banyuwangi dan ada satu desa yang meraih penghargaan “Desa Wisata Award” dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT). Desa tersebut dinobatkan menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia dalam kategori pemanfaatan jejaring bisnis.

“Jika program tersebut di terapkan di Pacitan yang memiliki segudang Pariwisata yang mendunia,maka desa-desa wisata yang ada akan lebih maju serta kreatif dalam pengembangan produk-produk di desa tersebut,sehingga bisa menambah penghasilan bagi masyaraatnya,”jelasnya.

Salah satu wujud program Smart Kampung adalah menaikkan Alokasi Dana Desa untuk meningkatkan pelayanan publik hingga tingkat desa dan RT/RW, Namun bagi Mbois itu tidak menjadi kendala,  Mbois sejalur dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat sehingga lebih mudah kordinasi serta realisasinya.

“Selain itu juga pembangunan jalan penghubung antar desa,antar Kecamatan harus di tingkatkan, sehingga dengan insfratuktur yang baik maka ekonomi masyarakat juga baik serta maju,” tambah Yudi.

Lebhih lanjut, Yudi mengatakan, dengan progam Smart Kampung yang digagas ini juga bakal meningkatkan kualitas mekanisme pengaduan publik.

“Termasuk kami siapkan skema evaluasi kinerja bupati dan wakil hingga RT/RW. Pengurus RT/RW kami libatkan mengevaluasi kinerja kami lewat sistem Smart Kampung tersebut,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Mbois Heru Setyanto mengatakan, apa yang telah menjadi program dari Pasangan Mbois pastinya bisa dengan mudah terealisasi, jika Mbois Menang dalam Pilkada nanti. Karena antara Pemerintah Pusat,Provinsi dan Kabupaten segaris.

“Saya percaya dan yakin dengan Mbois, dan mari kita menangkan Pasangan Yudi Sumboho dan Isyah Ansori agar semua program-program untuk kemajuan masyarakat Pacitan terwujud,”tegas legislator dari PDIP tersebut.

Heru percaya, Yudi Sumbogo – Isyah Ansori dapat menjaga kesinambungan serta melanjutkan program yang ada dan program ungulan dari Mbois.

“Kalau tidak percaya dengan Mbois,tentu kami tidak akan memperjuangkan kemenangan  beliau menjadi Bupati dan wakil bupati Pacitan,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Mbogo-Isyah sendiri adalah Paslon yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan. Setelah penetapan Paslon dan pengundian nomor urut, tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.