Tujuh PAC Gerindra di Pacitan Sayangkan Keputusan DPC Dukung Aji

oleh -13430 views

Pacitanku.com, PACITAN — Sebanyak tujuh Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyayangkan keputusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra Pacitan yang mendukung Indrata Nur Bayuaji dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020.

Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Nawangan, Totok Subianto, yang mewakili tujuh PAC lainnya di Kabupaten Pacitan menilai keputusan tersebut merupakan pepesan kosong belaka.

Adapun tujuh PAC yang menyuarakan hal tersebut adalah PAC Gerindra Tegalombo, Nawangan, Bandar, Ngadirojo, Sudimoro, Tulakan dan Kebonagung.

“Itu merupakan tindakan yang terkesan terburu-buru dalam menentukan sikap. Langkah yang diambil ketua DPC Partai Gerindra adalah inisiatif pribadi, bukan inisiatif partai melalui musyawarah ataupun koordinasi,”kata Totok, Jumat (19/6/2020) kepada Pacitanku.com.

Totok mengatakan, tujuh PAC Partai Gerindra di tujuh Kecamatan tersebut menyatakan keprihatinannya atas sikap DPC tersebut.

“Yang mestinya harus dilakukan koordinasi internal dan kajian yang lebih detail untuk menentukan sikap partai,”tandasnya.

Tak hanya itu, Totok juga menilai bahwa sikap DPC Partai Gerindra Pacitan tidak mencerminkan internalnya.

“Mengenai langkah yang diambil DPC Partai Gerindra Pacitan yang melangkah secara sepihak tanpa melibatkan atau koordinasi dengan PAC dalam mengambil langkah koalisi dalam pilkada Kabupaten Pacitan merupakan sesuatu keputusan yang prematur dan sangat disayangkan,”jelasnya.

Padahal, menurut Totok, ujung tombak suatu partai ada di wilayah kecamatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga dukungan tersebut dinilai hanya pepesan kosong belaka.

“Ini juga menjadi salah satu penyebab partai tidak bisa berkembang selama ini,”tukasnya.

Lebih lanjut, Totok juga mengungkapkan dirinya mengaku perihatin melihat pengambilan keputusan DPC tanpa koordinasi dengan PAC.

“Yang membuktikan seakan akan partai hanya milik seseorang. Kalau seperti itu ya tergantung anak cabang, Maunya bagaimana? Mau ambil sikap apa mau diam,”katanya.

Atas persoalan itu, Totok mengatakan pengurus partai di tingkat kecamatan akan menentukan sikap setelah koordinasi dengan beberapa tokoh partai dan pendukung Partai Gerindra.

Totok Subianto Ketua PAC Gerindra Nawangan

“Pengurus kecamatan akan lebih arif dan bijaksana menentukan sikap politiknya,”ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut, Totok mengatakan tujuh PAC di Pacitan akan mengambil keputusan atas peristiwa tersebut.

“Kalau PAC memang tidak difungsikan atau tidak diajak rembugan, kita akan mengambil langkah-langkah sesuai regulasi yang ada di partai,”pungkasnya.

Sebagai informasi, sembilan Parpol di Pacitan mendeklarasikan diri mendukung Indrata Nur Bayuaji dalam Pilbup Pacitan 9 Desember mendatang. Ke-9 parpol koalisi tersebut adalah Partai Hanura, PKPI, Partai Gerindra, PPP,  PAN, Perindo, Berkarya, PBB dan PSI.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan