Pengadaan APD untuk Pilbup Diserahkan Ke Masing-masing KPU Kabupaten/Kota

oleh -13232 views
Ketua KPU Sulis Setyorini. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan memastikan pengadaan alat pelindung diri (APD) guna keperluan tahapan Pilbup serentak 9 Desember, dibiayai sepenuhnya dari APBN.

Hanya saja, terkait jumlah dan jenis APD, masih dalam proses kajian. Sebab sampai detik ini, lembaga penyelenggara pemilu level kabupaten tersebut, belum menerima petunjuk teknis terkait APD.

Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini mengatakan, terkait APD memang sepenuhnya akan dibiayai APBN. Namun soal estimasi biaya, masih dalam kajian. Sebab sampai saat ini, pemerintah belum mencairkan anggaran pengadaan APD pada tahap awal ini.

“Kita belum menerima petunjuk teknis soal APD. Saat ini baru sebatas spesifikasi barang yang dibutuhkan. Sebab nanti proses pengadaan akan dilaksanakan oleh masing-masing KPU kabupaten/kota sesuai mekanisme pengadaan barang dan jasa lingkup pemerintah,” jelasnya, Jumat (19/6).

Adapun jenis APD yang akan dibutuhkan dalam penyelenggaraan Pilbup serentak, diantaranya masker, face shield, handscoon, handsanitizer, dan baju.

“Semua APD menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing KPU. Soal pengadaan, akan diselenggarakan sesuai aturan pengadaan barang dan jasa lingkup pemerintah,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan