Sego Berkat Godhong Jati, Kuliner Pacitan yang Ngangeni

oleh -1.749 views
Sego Godhong Jati Pacitan

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Satu lagi kuliner Pacitan yang perlu untuk dicoba sensasinya. Namanya adalah sego berkat godhong jati. Kuliner satu ini, sesuai namanya, adalah nasi yang dibungkus menggunakan daun jati.

Beberapa dekade silam, makanan seperti itu hanya ditemukan saat ada hajatan terutama pernikahan dimana nasi daun jati ini akan selalu ada sebagai berkat orang-orang yang menyumbang.

Chrismillia Natalia, pemilik Srikandi Resto yang juga pengamat kuliner, saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Kamis (12/9/2019) di Pringkuku mengatakan isi dari sego godhong jati adalah nasi dengan urap dan juga tumis tempe.

“Nasi berkat godhong jati, masih hangat dibungkus sama daun jati, biasanya sayur yang sudah dihangatkan, kemudian ada rempeyek,”kata dia.

Lebih lanjut, Chrismillia mengatakan yang menjadi ciri khas kuliner satu ini adalah aroma daun jatinya yang khas, sehingga sangat menggoda selera. “Ditambah lalapnya kecambah kacang tholo, itu yang menjadi khas,”tandasnya.

Di Pacitan, kata Chrismillia, ada beberapa tempat yag menjual kuliner ini dan bisa didapatkan untuk menu sarapan.Sebut saja warung milik Maryani di Desa Semanten. Selain di daerah Semanten, Sego Berkat Godhong Jati bisa ditemukan di Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

Pewarta: Dwi Purnawan