Festival Ronthek Didorong Jadi Ikon Budaya Pacitan

oleh -706 views
Ronthek Kecamatan Tegalombo. (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato berharap festival Ronthek Pacitan yang digelar pada Kamis (12/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019) bisa menjadi ikon Kabupaten Pacitan.

“Pemerintah bersama semua elemen berharap Festival Ronthek menjadi Ikon Kabupaten Pacitan,”katanya, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Selasa (10/9/2019).

Baca juga: Sejarah Festival Ronthek Pacitan

Untuk mencapai keinginan tersebut, Indartato mengatakan saat ini pihaknya melakukan berbagai berkolaborasi dengan berbagai pihak, utamanya para seniman, baik pelaku seni di Pacitan dan para akademisi seni baik Kota Surakarta dan Kota Yogyakarta.

“Kita serahkan kepada teman-teman kita yang tahu masalah itu, minta tolong agar Ronthek menjadi budayanya orang Pacitan seperti Reyog Ponorogo,”kata dia.

Selain itu, Indartato mengatakan persatuan dan kesatuan menjadi tema ditahun ini, dinilai penting sebagai stimulus semua elemen untuk Pacitan yang semakin maju.

Baca juga: Pemahaman Nilai Kreativitas Bersanding Dengan Kemewahan Sebuah Karya

Hal ini, kata dia, selaras jika melihat pagelaran Ronthek yang selalu melibatkan puluhan orang dengan tugas masing-masing, sudah tentu membutuhkan persatuan dan kesatuan. “Saya yakin jika tabuhan tidak seirama dengan yang lain maka didengarkan tidak enak,”papar dia.

Terlebih, katanya lagi, mimpi pemerintah menghadirkan Ronthek sebagai ikon, atau bahkan idola bagi masyarakat di dalam dan luar Pacitan, sebuah harapan baik yang perlu diapresiasi bersama melalui berbagai bentuk dukungan.

Indartato optimistis mimpi itu bisa terwujud asal resep kekompakan terus dibangun dan dijaga pada setiap wadah yang disediakan.

Untuk diketahui, sebanyak 36 tim ronthek akan tampil selama tiga hari pada edisi tahun 2019 ini. Sebelumnya pada penyelenggaraan terakhir tahun 2018, grup Ronthek “Raung Bambu” Kecamatan Pringkuku dinobatkan sebagai juara umum.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Ronthek tahun ini akan digelar di depan SMPN 1 Pacitan Jalan Ahmad Yani Pacitan.

Adapun untuk jadwal hari pertama pada Kamis (12/9/2019) adalah Desa Bolosingo, Desa Menadi, Kelurahan Sidoharjo, Desa Sirnoboyo, Desa Mentoro, Kecamatan Ngadirojo, Desa Ponggok, Desa Nanggungan, Desa banjarsari, Kelurahan Pucangsewu, Kelurahan Ploso dan Desa Sambong.

Kemudian jadwal tampil hari kedua pada Jumat (13/9/2019) adalah Desa Arjowinangun, Kecamatan Sudimoro, Desa Purworejo, Kecamatan Arjosari, Desa Tambakrejo, Desa Semanten, Desa Sumberharjo, Desa Sedeng, Desa Widoro, Kecamatan Pringkuku, Desa Sukoharjo dan Kecamatan Tulakan.

Selanjutnya pada hari ketiga yang tampil adalah Kecamatan nawangan, Desa Kayen, Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bandar, Kecamatan Kebonagung, Desa Kembang, Kelurahan Pacitan, Desa Bangunsari, Kecamatan Tegalombo, Desa tanjungsari, Kcamatan Punung dan Kelurahan Baleharjo. (Pemkab/RAPP002)