Polres Pacitan Gelar Koordinasi Jelang Operasi “Ketupat Semeru 2019”

oleh -242 views
Kapolres Pacitan AKBP Sugandi saat menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait jelang pelaksanaan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Semeru 2019" yang digelar pada Rabu (22/5/2019). (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor Pacitan menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait jelang pelaksanaan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Semeru 2019” yang digelar pada Rabu (22/5/2019) di Gedung Graha Bhayangkara Polres Pacitan Jl. A. Yani No 60 Pacitan.

Dalam sambutannya, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi menyampaikan situasi terkini baik di tingkat nasional maupun kondisi lokal di Pacitan. Sugandi juga memaparkan hasil video conference dengan Kapolri terkait situasi nasional pada Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan hasil video conference tersebut, Kapolres mengatakan situasi nasional di Ibu kota yang terjadi saat ini sangat memprihatikan. Menurut dia, berdasarkan hasil video conference dengan Kapolri, ada kelompok yang berusaha menciptakan situasi tidak kondusif dengan melempar aparat keamanan.

Dia mengatakan petugas yang melaksanakan pengamanan di Bawaslu semua tidak dibekali munisi tajam, sehingga petugas sudah melaksanakan tindakan sesuatu protap yang berlaku.

“Sudah terindikasi mulai awal ada pihak ketiga yang sengaja melakukan tindakan Chaos (kerusuhan), saat ini Polri masih mendalami peristiwa tersebut, dengan adanya Chaos serta diunggah dalam Medsos dengan tujuan menarik perhatian publik untuk menggiring masa ke Ibu kota lebih banyak,”jelasnya.

Di tingkat lokal, Kapolres mengatakan pihaknya bersama Kodim dan Pemda sudah sepakat untuk melakukan usaha usah preventif dengan melakukan penggalangan terhadap tokoh-tokoh di tingkat bawah untuk bersama menjaga wilayah Pacitan agar tidak terpengaruh.

“Alhamdulillah situasi wilayah Pacitan sangat kondusif selama pelaksanaan pentahapan Pemilu serentak 2019,”jelas dia.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dalam arahannya menyampaikan syukur alhamdulilah situasi Pacitan sampai dengan saat ini masih kondusif, semua ini tidak lepas dari peran dan pendekatan secara persuasif oleh semua pihak terhadap tokoh-tokoh diseluruh Jatim.

“Diharapkan masyarakat Pacitan tidak terprovokasi dengan situasi di luar, Pemda dalam hal ini Kesbangpol harus selalu melaksanakan koordinasi dengan Kodim dan Polres untuk mengantisipasi situasi yang berkembang di Pacitan,”ungkap dia.

Senada dengan Wabup, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang mengatakan Kodim Pacitan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Pacitan untuk membackup Kepolisian. “Kejadian di Jakarta jangan sampai terjadi di Kabupaten Pacitan mari kita jaga situasi yang sangat kondusif ini dengan baik,”tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Kesbangpol Pacitan Suharyanto, Ketua PD Muhammadiyah Pacitan Suprayitno Ahmad, Kepala Pengadilan Negeri Pacitan Yogi Arsono, SH. KN, MH (Kepala Pengadilan Negeri Pacitan), bersama para Kepala Dinas, tokoh masyarakat dan pengelola tempat wisata di Pacitan. (SRW/RAPP002)