Kalahkan Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

oleh -806 views

Pacitanku.com, MOSKOW – Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 di final yang di gelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7).

Di babak pertama, Prancis unggul 2-1 terlebih dahulu karena gol bunuh diri Mario Mandzukic dan gol penalti Antoine Griezmann, sementara Kroasia menciptakan gol karena sepakan keras Ivan Perisic.

Prancis kemudian menambah dua gol dalam waktu enam menit di babak kedua lewat tendangan Paul Pogba dan Kylian Mbappe yang sama-sama tercipta dari luar kotak penalti.  Kroasia mendapat gol hiburan dari Mandzukic yang memanfaatkan blunder kiper Hugo Lloris.

Di babak pertama, Kroasia yang didera isu kelelahan karena di tiga laga sebelumnya selalu bermain hingga pertambahan waktu, bisa menguasai bola. Hanya saja, mereka kesulitan menciptakan peluang yang benar-benar mengancam gawang Lloris.

Prancis baru coba menyerang di menit ke-17 dan langsung menghasilkan gol pertama. Berawal dari tendangan bebas Griezmann dari luar kotak penalti, bola justru menyentuh kepala Mario Mandzukic dan meluncur deras ke gawang Danijel Subasic.

Dalam posisi ketinggalan, Kroasia kembali meningkatkan serangan dan akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan lewat tendangan keras Perisic. Gol ini berawal dari tendangan bebas Luka Modric dari luar kotak penalti.

Di menit ke-36, Prancis mendapatkan penalti setelah Perisic menyentuh bola dengan tangannya. Wasit sempat berkonsultasi menggunakan VAR untuk mengambil keputusan, tapi tetap menunjuk titik putih. Griezmann yang menjadi algojo berhasil mengirimkan bola dengan tenang dan membawa Prancis kembali unggul.

Memasuki babak kedua, pertandingan langsung berjalan dalam tempo tinggi. Prancis mengambil inisiatif lebih dulu dan tembakan Griezmann dari depan kotak penalti masih mengarah tepat ke Subasic.

Paul Pogba kehilangan bola di tengah dan Kroasia melancarkan serangan balik. Ante Rebic yang menerima bola lambung kemudian melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti, tapi bola ditepis dengan satu tangan oleh Lloris.

Prancis gantian melancarkan serangan lewat Kylian Mbappe. Dari sisi kanan, Mbappe dengan kecepatannya merangsek masuk ke kotak penalti meski ditempel oleh Vida. Mbappe mencoba menaklukkan Subasic dari sudut sempit, tapi tak berhasil. Meski terus ditekan Kroasia, Perancis tetap solid di belakang. Perancis justru mampu menambah gol lagi di menit ke-59.

Mbappe mengawali serangan Prancis dari sisi kanan dan bola yang ia kirim ke kotak penalti jatuh ke kaki Pogba. Tendangan pertama Pogba diblok oleh pemain belakang Kroasia.

Bola muntah kembali mengarah ke Pogba. Kali ini gelandang Prancis itu tak menyia-nyiakannya. Tendangannya yang kedua mengecoh Subasic dan masuk ke gawang.

Hanya berselang enam menit, Prancis menambah gol lagi. Mbappe mendapat ruang di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Subasic.

Namun Kroasia langsung membalas di menit ke-69. Lloris melakukan blunder di depan gawangnya. Saat berupaya untuk menggocek, Mandzukic yang berada di dekatnya mampu merebut bola dan memasukkannya ke dalam gawang. Perancis 4 Kroasia 2.

Skor ini bertahan hingga laga usai dan memastikan Prancis meraih tropi Piala Dunia untuk yang kedua kalinya.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Lucas, Mbappe-Lottin, Pogba, Kante (N’Zonzi 55′), Matuidi, Griezmann, Giroud

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rebic, Rakitic, Brozovic, Perisic, Modric, Mandzukic