Pemkab-TNI Ingin Pacitan Jadi Daerah Mandiri Pangan

oleh -1.574 views
Bupati-TNI akan kolaborasi wujudkan kemandirian pangan di Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Bupati-TNI akan kolaborasi wujudkan kemandirian pangan di Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk wudujkan kemandirian pangan di Pacitan.

Tak tanggung-tanggung, dana miliaran rupiah per tahun disiapkan Pemkab untuk memperbaiki slauran irigasi. Hal itu sebagai wujud dukungan target pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan.

“Kita akan kembangkan daerah-daerah yang memang potensial,” kata Bupati Indartato usai bertemu dengan Sumarjo Gatot Irianto, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian di Makodim 0801, Rabu (10/5/2017) kemarin.

Dia mengatakan bahwa dengan menggandeng TNI dalam upaya pembangunan sektor pertanian mempunyai kelebihan tersendiri. “Semangat TNI untuk berjuang mewujudkan kemandirian pangan. Gregetnya itu lho, mereka punya itu,” ujar Indartato.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Pertanian Pacitan, Pamuji menyampaikan bahwa kerja sama pihaknya dengan TNI sudah dilakukan di Pacitan. “Sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar dan bisa mencapai harapan serta terus berusaha mencari Strategi untuk meningkatkan hasil panen dengan melaksanakan penyuluhan kepada Ppl dan babinsa secara rutin,” jelasnya.




Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol (Inf) Yudhi Diliyanto menjelaskan pihaknya telah melakukan pendampingan program upaya khusus swasembada pangan. Bertujuan membantu Kementerian Pertanian untuk meningkatkan capaian kemandirian pangan secara nasional. “Hasil dan capaian program itu sendiri kita serahkan ke masyarakat,” jelasnya.

Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, Sumardjo Gatot Irianto mengatakan bahwa hanya satu-satunya Korem 081 yang sampai saat ini belum mendapat nilai merah.

Sesuai kesepakatan, TNI boleh beli gabah kering giling petani dan boleh di jual di bulog dengan harga yang sesuai ketentuan bulog. “Sedangkan masalah hama wereng kami berharap segera di cari solusinya, untuk meningkatkan hasil panenya,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa di Kabupaten Pacitan yang paling cocok adalah tanaman Jagung, kedelai dan sayur – sayuran.“Kami juga meminta menaikan hasil panen padi dan jagung di Kabupaten Pacitan, dan saat ini kami sudah berani menawarkan bantuan beras ke Internasional yang membutuhkan ini berarti kita sudah surpus beras,” pungkasnya. (RAPP002)