Kalahkan Gerotan FC 2-0, Citra Arjosari Juara Kompetisi Sepakbola U-16 PSSI Pacitan

oleh -132.220 views
Citra Arjosari Juara KU-16 PSSI Pacitan. (Foto: FB Citra Arjosari)
Citra Arjosari Juara KU-16 PSSI Pacitan. (Foto: FB Citra Arjosari)

Pacitanku.com, PACITAN – Klub sepakbola Citra Arjosari berhasil menyempurnakan perjalanan mereka di ajang kompetisi U-16 PSSI Pacitan dengan merebut trofi juara setelah di final mengalahkan Gerotan FC dengan skor 2-0.

Pada final yang digelar di Stadion Pacitan pada hari sabtu sore 25 Maret 2017 itu Citra memaksa Gerotan tunduk setelah dua gol dari Rizky Nizar dan M Nur Asif menamatkan perlawanan mereka. Gelar juara sejati pantas disematkan kepada tim Citra karena meraih juara dengan hasil sempurna, selalu menang di setiap pertandingannya dan paling produktif dalam mencetak gol dan paling sedikit kebobolan.

Laga final menjadi klimaks dari gelaran kompetisi ini ketika yang bertanding adalah dua tim dengan statistik yang berimbang dalam hal memasukkan dan kebobolan. Citra dan Gerotan mencatat rekor memasukkan dan kemasukan adalah 24 berbanding 2, dan bisa dibayangkan jika keduanya salig berhadapan. Adu strategi akan menguras emosi para punggawa dan tim pelatih di belakangnya.

Pertandingan di bawah cuaca mendung dibuka dalam tempo sedang, dan kedua tim masih saling menebak-nebak apa yang akan di lakukan lawannya. Gerotan yang kelihatan tampil dengan skema yang agak turun membuat Citra kelihatan lebih berani untuk  mengambil inisiatif serangan. Citra masih mengandalkan Rizky Nizar di tengah dan sang penyerang haus gol M Nur Asif yang keduanya sangat diwaspadai Gerotan.

Tetapi meski Citra lebih banyak masuk ke area pertahanan lawan justru Gerotan yang mendapatkan peluang emas dengan memanfaatkan serangan balik melalui sayap lincahnya Tirto Cahyono. Gocekan dan kemudin shooting dari Tirto harus ditepis dengan susah payah oleh kiper Citra, Rizky Awanda meskipun tindakannya ini berbuah kartu kuning karena dilakukan di luar kotak penalti.

Gerotan kemudian harus menanggung kerugian ketika pemain bertahannya Febri Nur harus ditandu ke luar lapangan karena cedera di menit 23 babak pertama. Dan akhirnya satu menit kemudian tim Citra memecah kebuntuan ketika Rizky Nizar berhasil mencetak gol melalui sundulan terarah di tengah kawalan bek lawan. Kedudukan 1-0 ini bertahan sampai berakhirnya babak pertama.




Babak kedua dengan defisit gol membuat Gerotan mau tidak mau harus meningkatkan daya dobraknya untuk mengejar ketertinggalannya. Kapten Gerotan Andika Pamungkas yang pada babak pertama menjadi palang pintu terakhir di lini pertahanan digeser menjadi penyerang dengan harapan bisa menambah serangan.

Tetapi justru Citra yang berhasil kembali memanfaatkan peluang untuk mencetak gol keduanya. M Nur Asif menundukkan Bima sang kiper Gerotan dengan tendangan jarak dekatnya untuk membuat tmnya semakin menjauh 2-0. Gol Asif ini memantapkan posisinya sebagai top scorer dengan raihan 13 gol.

Ketinggalan dua gol membuat Gerotan harus semakin bekerja keras untuk mengejar keunggulan lawan. Malangnya di tengah situasi seperti itu Gerotan malah harus kehilangan Syafiq karena cedera di pertengahan babak kedua. Dan akhirnya Citra pun mengunci skor kemenangan 2-0 sampai berakhirnya pertandingan.

Kemenangan Citra ini selain merebut juara sekaligus juga merupakan pembalasan atas kekalahan mereka di ajang yang sama pada tahun 2011 atas lawan yang sama pula. Selain itu juga menambah daftar peraih juara kompetisi U-16 PSSI Pacitan. Setelah Gerotan di tahun 2011 dan 2015, kemudian Tidar Jaya di tahun 2012, diteruskan Pogres berturut-turut 2013 dan 2014, kini Citra masuk menjagi anggota tim juara.

Sementara itu dalam perebutan peringkat ketiga yang digelar sebelum partai grand final Tidar jaya berhasil memenangkan laga setelah mengalahkan Pogres dengan skor 1-0. Gol satu-satunya kemenangan Tidar Jaya dicetak oleh Taufik memanfaatkan umpat tarik dari pemain sayap Galang pada menit 14 babak pertama. (stp/RAPP002)

 

Road to Champion CITRA Arjosari:

Penyisihan grup:

Vs Eagle (2-0)

Vs Loreng Pudara (7-1)

Vs Gempur (4-0)

Vs Pogres (3-0)

Vs PSM (4-1)

Perempat final:

Vs Kuda Laut (3-0)

Semi final:

Vs Tidar Jaya (1-0)

Final

Vs Gerotan (2-0)

 

HASIL BABAK FINAL
 

Hari

 

Tanggal

 

Kick Off

 

Tim Yang bertanding

 

Tempat

SABTU25Maret 201714.30TIDAR JAYA (1)vsPOGRES (0)Stadion Pacitan
SABTU25 Maret 201715.50CITRA (2)vsGEROTAN (0)Stadion Pacitan

 

DAFTAR PENCETAK GOL
13 golM. Nur Asif (Citra)
7 golTirto Cahyono(Gerotan)
5 golDhiky Syah M (Rajawali); Andika Pamungkas (Gerotan);  Reva Aditya (Pogres); Ari Shandi (Tidar Jaya); Rizky Nizar (Citra)
4 golRizky Nizar, M. Ilham Maulana (Citra); Reza Bagus (Loreng Pudara); ; Satria, , Ilham (Pogres); Anung Pambudi (Kuda Laut)
3 golDandi Saputra, Wibowo, M. Syafiq (Gerotan);  Bagas Faqih (Tidar Jaya); Prasetya M (AC Puma)
2 golAndi (Gempur);  Firza Alvin, Yoga (Pogres); Andika (PSM); Fakhru Rozy (Rajawali); M. Taufik (Tidar Jaya)
1 golApria, Dimas (PSM); Arif, Riko (Gempur); Wildan, Saeful R, Fajar, Andika Fajar (Eagle);  Sugiarto, Yusuf Wibisono, Khilmi (Citra); Afif Fadil, Tomy Hermansyah (Rajawali); M. Faqih, Fahrezi F, Septian, Sindu Bisma (Tidar Jaya) M. Bayu (AC Puma); Febri Akbar, Febri , Miping P (Gerotan); Jefri, Wilyan, Gilang, Niko Adi, Bagas Cahyono, Dhemaz Anarkhi  (Kuda Laut); Rafi, Rauf (Rujak Beling); Galih (Loreng Pudara);
o.g.Doni (Loreng Pudara)