Kapal Tongkang Terdampar di Pantai Pancer, 5 Kru Sempat Alami Laka Laut

oleh -1.181 views
Kapal tongkang yang terdampar di Pantai Pancer, Minggu ( 29/1/2017).
Kapal tongkang yang terdampar di Pantai Pancer, Minggu ( 29/1/2017).

Pacitanku.com, PACITAN –Sebuah kapal tongkang dengan nama lambung Syukur 2 yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok  kandas di perairan Pantai Pancer Desa Ploso, Kecamatan Pacitan sejak Minggu sekitar pukul 05.00 WIB.

Nahas, pada Sabtu jelang tengah malam, kapal RT Galaxi dan kapal tongkang Syukur mengalami gesekan dan berbenturan akibat ombak besar sehingga mengakibatkan tali kapal tongkang Syukur terputus.



 

Namun karena cuaca buruk, tugboat dan kapal tongkang milik PT Syukur Jaya terpaksa masuk ke Teluk Pacitan untuk berlindung dari ganasnya ombak. Karena takut berbenturan, kapal tongkang pun dibiarkan bersauh agak jauh dari tugboat yang menarik kapal tersebut. Namun, meski jangkarnya sudah diturunkan, kapal tongkang tetap terbawa ombak hingga terdampar. ‘’Ibaratnya seperti gagal ngerem,’’ ujarnya.

Menurut Imam, PT Syukur Jaya terbilang beruntung. Pasalnya, kapal tongkang mereka terdampar di tepi pantai. Jika terdampar mengenai tebing karang, kapal tersebut ditakutkan bisa hancur lantaran deburan ombak sangat tinggi dan kuat.

Karena kapal tersebut tidak membawa muatan, masih ada kesempatan untuk dievakuasi dari tepi pantai. ‘’Masih memungkinkan karena meski di tepi pantai, namun masih terombang-ambing oleh ombak. Belum menancap di pasir,’’ terangnya.

Kecelakaan laut yang terjadi pada Minggu (29/1/2017) pukul 14.20 WIB tersebut terjadi setelah lima ABK kapal Syukur tenggelam karena sekoci terbalik. Informasi yang dihimpun Pacitanku.com, kapal sekoci tersebut terbalik dihamtan ombak, empat selamat dan satu orang sempat hilang.

Korban yang sempat hilang akhirnya berhasil diselamatkan dalam kondisi selamat karena tersangkut tali kapal induk. Satu korban yang sempat hilang tersebut telah ditarik olehkru Kapal tongkang Syukur 02.

Hingga saat ini, kapal syukur tersebut masih terdampar di Pantai Pancer. (RAPP002)