Jalur Terlalu Curam, Warga Sekitar Pantai Ngiroboyo Patungan Buka Jalan Baru

oleh -13991 views
Warga sekitar Pantai Ngiroboyo membuka jalur baru di tebing barat Pantai. (Foto: IST)
Warga sekitar Pantai Ngiroboyo membuka jalur baru di tebing barat Pantai. (Foto: IST)

Pacitanku.com, DONOROJO – Puluhan warga di sekitar obyek wisata Pantai Ngiroboyo, yakni dari dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo menggelar kerja bakti membuka jalur baru menuju obyek wisata Pantai Ngiroboyo, baru-baru ini. Mereka melakukan kepras tebing di sisi barat dari jalur sebelumnya, guna menghindari tanjakan curam menuju ke Pantai.

Menurut M Top, salah satu warga sekitar Pantai Ngiroboyo, dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Sabtu (24/10), jalur yang baru dibuat itu dibuka masyarakat setempat agar terhindar dari jalur yang selama ini digunakan, dimana kondisi jalurnya memiliki tanjakan cukup curam. “Jalur tersebut dibuat untuk menghindari tanjakan curam, sehingga kami melakukan keprasan tebing barat pantai Ngiroboyo mas,” katanya.

Lebih lanjut, M Top menyampaikan bahwa dibukanya jalur tersebut merupakan inisiatif warga setempat agar pengunjung lebih mudah menuju ke obyek wisata Pantai Ngiroboyo. Apalagi, pada akhir bulan Oktober ini Pantai Ngiroboyo akan menggelar salah satu festival olahraga paling populer di Pacitan, yakni Festival Dayung Ngiroboyo keempat pada Sabtu (31/10/2015) mendatang.

ngiro“Untuk dana pengeprasan tebing kita swadaya murni dari masyarakat setempat, dengan alat yang seadanya, harapannya bisa terbangun jalan baru yang mudah dilewati,”imbuhnya.

Sebagaimana karakteristik bukit di Pantai tersebut, pembukaan jalur baru ke obyek wisata Pantai Ngiroboyo ini juga tak lepas dari bukit kars, dimana puluhan warga harus mengepras bebatuan kars Gunungsewu.

Sedangkan Pantai Ngiroboyo sendiri adalah salah satu obyek wisata baru yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat Dusun Sambi, Desa Sendang, Donorojo. Selama beberapa tahun ini, obyek wisata ini rutin menggelar festival tahunan Dayung Ngiroboyo. Namun kendala akses jalan seringkali masih menjadi masalah untuk menuju Pantai yang lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar ini. (RAPP002)