Asyiknya Berburu Batu Akik di Pacitan

oleh -2.851 views
Berburu Akik Pacitan. (Foto : Shultan)
Berburu Akik Pacitan. (Foto : Shultan)
Berburu Akik Pacitan. (Foto : Shultan)
Berburu Akik Pacitan. (Foto : Shultan)

Pacitanku.com, PUNUNG—Tidak dapat dipungkiri, Pacitan adalah salah satu sentra terbaik penghasil akik. Mulai dari yang murah hingga super mahal. Beberapa waktu lalu, Portal Pacitanku  kembali melihat akik – akik berkualitas khas pacitan.

Perjalanan berburu batu akik pun dimulai, Portal pacitanku berburu akik di obyek wisata Goa Gong. Meskipun bukan sentra pengrajin akik, akan tetapi isana dijual berbagai jenis dan kualitas akik, ada kecubung, red baron. Karena komplek goa gong masih di renovasi, penjual akik di pindah di sepanjang jalan mulai dari loket tiket hingg tempat parkir. Setelah tawar menawar, kami membeli beberapa akik di sini.

Perjalanan pun dilanjutkan menuju pasar akik di depan goa tabuhan, kecamatan punung. Berbeda dengan yang di goga gong, di sini juga terdapat sentra pengrajin akik yg berada tidak jauh dari pasar. Oleh karena itu, akik yang di tawarkan pun lebih beragam. Harganya pun juga bervariasi, bahkan ada yang menyentuh angka puluhan juta, namun juga ada yang hanya 2500 rupiah saja.

Kami tertarik dengan batu akik fosfor yang bisa menyala hijau saat gelap. Cukup lama kami berada di sini, kami bingung memilih akik yang sedemikian banyak. Sebelum kami kmbali, kami mnyempatkan diri untuk membeli beberapa akik untk oleh. Kami pun menyimpulkan bahwa Pacitan adalah daerah sejuta akik. (SS-PP004)

Catatan Reporter Portal Pacitanku : Sulthan Shalahudin