Cenil, Kuliner Unik Berwarna-warni

oleh -135.360 views
Cenil Khas Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
Kuliner Pacitan, Cenil Khas Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)

pacitanku.com, PACITAN–Selain thiwul, gatot, dan gethuk, varian makanan khas Pacitan yang berasal dari ketela lainnya adalah makanan cenil, yang masuk kategori jajanan pasar. Dan tentu ada yang sedikit berbeda dari cenil dengan makanan cassava Pacitan lainnya. Bentuknya yang unik, warna – warni, kenyal, dan manis, atau kadang juga gurih, membuat cenil Pacitan menjadi makanan khas Pacitan yang cukup digemari masyarakat Pacitan dan sekitarnya.

Cenil adalah makanan sejenis kue yang dibuat dari pati ketela pohon yang di buat bulat-bulat kecil seukuran kelereng, diberi warna merah dan direbus. Yang unik dari kue cenil ini, selain namanya yang terlihat lucu, juga rasanya yang kenyal, manis dan kadang lengket – lengket basah.

Zaman dahulu cenil merupakan makanan alternatif bagi masyarakat pacitan, karena saat itu terjadi kelangkaan bahan baku beras sehingga masyarakat pacitan sehingga masyakat berfikir untuk mengolah sagu menjadi sebuah makanan, saat itu masyarakat behasil membuat sebuah makanan yang di sebut dengan cenil yang artinya menurut masyakat adalah “centil” karena makanan itu berwarna-warni senghingga menggoda para peminat makanan ini.

Dalam proses penyajian makanan cenil ini, biasanya dicampur dengan sari kelapa yang diparut, beberapa pisang yang dipotong kecil, dan lontong ketan yang manis. Sedangkan cara makannya adalah dengan diberi parutan kelapa dengan ditaburi gula pasir, kemudian biasanya untuk menambah nikmatnya menyantap cenil, anda bisa menggunakan tusuk yang dipakai untuk membungkus cenil tersebut.

Proses pembuatan cenil

Cara membuat cenil mungkin agak ribet daripada varian cassava lainnya, karena membutuhkan banyak bahan dan keterampilan memasak yang baik. Untuk bahan – bahan yang dibutuhkan antara lain tepung pati (sari ketela), parutan kelapa, dan gula pasir, dan biasanya ditambah dengan sedikit pewarna makanan.

cara membuatnya mula mula tepung pati/sagu cairkan dengan 2 sdm air dingin terus tuang ke air mendidih, kemudian Angkat dari api dan aduk sampai kental.

Selanjutnya adalah masukkan sisa tepung dan aduk dengan tangan sampai bisa dibentuk,bagi adonan jadi 3 bagian, diberi pewarna merah.

Langkah selanjutnya adalah Jerang 2 lt air sambil bentuk adonan,Rebus adonan dan angkat bila sudah mengapung lalu tiriskan, dan tahap terakhir sebelum disajikan adalah Gulingkan diatas kelapa parut, tata diatas piring saji dan tabur dengan gula. Akhirnya cenil pacitan siap disajikan.

Untuk informasi cenil ini, bisa anda dapatkan di pasar – pasar tradisional Pacitan dengan harga yang relative murah, seperti halnya makanan gatot dari pacitan. Selamat menikmati.