Pantai Buyutan Donorojo, Sajian Hamparan Pasir Putih Indah

oleh -822 views
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Tempat Wisata Pacitan, Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, DONOROJO–Pacitan juga mempunyai pesona Pantai Pasir putih lainnya yang tak kalah eloknya dengan Pantai Srau, Watukarung, maupun Klayar. Pantai Buyutan adalah nama Pantai itu. Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai

Klayar yang juga berada di daerah yang sama. Pantai ini bisa ditempuh dengan motor/mobil (tidak ada kendaraan umum) dari Kota Pacitan sejauh 44 km. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar yang lebih terkenal itu, sekitar 4 km ke arah barat Anda akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan.

Perjalanan dapat ditempus sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota pacitan. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh dan juga jalan terjal dengan berbatuan memberikan kenikmatan tersendiri ketika kita telah sampai di lokasi pantai buyutan. Seperti halnya pantai-pantai lain di Pacitan, Buyutan juga merupakan pantai dengan pasir putih dengan panjang pantai yang cukup panjang. Di sebelah kanan terdapat beberapa batu karang yang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya aja.

Di Pantai Buyutan ini, tempatnya benar – benar masih natural. Belum terjamah wisatawan luar, sehingga tidak ada fasilitas di tempat wisata ini. Pantai ini sungguh sangat sepi, bahkan tidak ada sampah berserakan di sepanjang tepi pantai. Selamat berlibur dan menikmati pantai yang alami, bersih, dengan pasir putihnya yang mempesona.




Jangan kaget kalau 3 km jalan menuju pantai belum mulus, sebagian sudah disemen dan sebagian lagi masih jalan batuan. Namun, perjuangan menempuh pantai ini sepadan dengan keindahan yang ditawarkan.

Untuk menuju ke Pantai tersebut, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kita akan menempuh jalur yang sama. Jika menggunakan mobil, kita bisa parkir di desa terakhir yang berjarak kurang lebih 2 km dari pantai, bagi yang menggunakan motor bisa langsung membawa motornya sampai di pantai buyutan dengan catatan harus melewati jalanan berbatu yang terjal.

Tiba di pantai buyutan, kita akan disambut sebuah gubug kecil di bibir tebing yang merupakan jalan masuk ke pantai. Kita harus menuruni jalan tanah yang curam sepanjang 300 meter untuk tiba di bibir pantai buyutan. Pantai buyutan adalah tipe pantai karst landai dengan pasir putih yang membentang sekitar 500 meter.

Ombak di pantai ini cenderung lebih tenang dibandingkan ombak di pantai Klayar dan lumayan enak untuk berenang, sayangnya belum ada fasilitas kamar mandi di pantai ini sehingga kami enggan untuk berenang. Kondisi pantai masih bersih karena belum banyak dijamah manusia. Berjalan di tepian pantai, kita akan menemukan banyak kerang dan juga hewan-hewan kecil seperti kepiting dan pong-pongan.

Bagi anda yang menginginkan ketenangan saat liburan, datanglah ke pantai buyutan pada hari biasa, dijamin pantai ini tidak ada pengunjung lain sehingga seakan terasa seperti pantai pribadi untuk anda dan juga rombongan. Selain private, pantai buyutan juga cocok bagi anda yang hobi berwisata dengan ongkos minim karena untuk ke pantai ini kita tidak perlu membayar retribusi, jadi hanya keluar anggaran untuk transport dan logistic.

Akhirnya selamat menikmati suasana Pantai Buyutan Pacitan.