GTPP Corona di Kebonagung Beri Hadiah Warga yang Tertib Jalankan Protokol Kesehatan

oleh -13191 views
Babhinkamtibmas dan Babinsa, Polsek dan Koramil Kebonagung. Mereka berkeliling ke pojok-pojok desa melakukan sweeping dan sosialisasi. (Foto: Yuniardi sutondo)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG –  Berbagai cara dilakukan elemen gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) covid-19, Pemkab Pacitan, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, ditengah pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Selain memberikan sosialisasi akan payung hukum yang memuat adanya sanksi sosial, mereka juga memberikan stimulus bagi warga masyarakat yang taat menjalankan protokol kesehatan.

Hal tersebut seperti yang dilaksanakan Babhinkamtibmas dan Babinsa, Polsek dan Koramil Kebonagung. Mereka berkeliling ke pojok-pojok desa melakukan sweeping dan sosialisasi akan pentingnya memakai masker saat melakukan interaksi sosial.

Bagi yang tertib, akan mendapatkan beragam hadiah. Seperti minyak goreng kemasan dan mie instan. “Pada intinya kegiatan kami lakukan untuk membagun kesadaran masyarakat. Agar mereka lebih disiplin dalam menjaga kesehatan dan selalu melaksanakan protokol kesehatan, ditengah pandemi COVID-19 ini,” kata Bripka Bambang, anggota Babhinkamtibmas, Polsek Kebonagung, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Bintara Polisi yang dikenal humanis ini, kegiatan sweeping tersebut dilaksanakan berbarengan dengan agenda patroli saban harinya. Mereka sengaja menghadang warga desa yang melintas, dibeberapa titik lokasi yang telah dipersiapkan. Bagi yang tidak memakai masker, tentu akan diberikan pembinaan dan diberikan masker untuk dipakai.

Dan bagi mereka yang tertib, akan mendapatkan hadiah sekedarnya. Selain melibatkan anggota Polsek, kegiatan tersebut juga bersama dengan personil TNI dari Koramil dan perangkat desa.

“Yang utama kami menyentuh kesadaran masyarakat luas untuk tertib menjalankan protokol kesehatan. Jadi kehadiran kami, bukan untuk menakut-nakuti masyarakat. Namun kami merangkul dan memberikan edukasi akan perlunya menjalankan protokol kesehatan disaat wabah covid-19 masih merajalela,”jelas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, setidaknya akan terjadi multi player effect dari masyarakat. Yang pertama mereka semakin sadar dengan protokol kesehatan, dan yang kedua masyarakat akan semakin dekat dengan petugas. Baik itu Babhinkamtibmas maupun Babinsa masing-masing.

“Tugas kami ini kan melindungi dan mengayomi masyarakat. Bukan untuk menakut-nakuti. Aturan tetap aturan, namun pencegahan dan upaya edukasi itu lebih utama daripada tindakan represif,”katanya.

Menurut Bambang, disinilah indahnya sebuah kebersamaan. Dengan reward sembako dan kupon belanja gratis, masyarakat akan semakin senang karena diperhatikan.

“Dengan sendirinya mereka akan semakin sadar dalam melaksanakan protokol kesehatan. Bagi yang melanggar, juga akan kami sanksi, namun hanya sebatas joget jaranan. Sanksi tapi juga hiburan,” tandas Bambang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan