Selamat, Duta Wisata Asal Pacitan Terpilih Jadi Raki Favorit Jatim 2016

oleh -131.436 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Duta wisata asal Pacitan, Purwarani Febria Damayanti sukses mencatatkan prestasi tertinggi dalam perhelatan Grand Final Raka Raki Jawa Timur, Sabtu (26/3/2016) di Grand City Mall Surabaya lalu dengan menyabet prestasi Raki favorit Jatim 2016.

Atas prestasinya tersebut, perempuan yang akrab disapa Rani ini sukses membawa piala Raki favorit berikut uang pembinaan Rp 2 juta. Dengan prestasi yang diraih tersebut, Rani mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya, sehingga bisa membawa nama baik Pacitan di ajang pemilihan duta wisata tingkat Jatim itu.

“Memang klise jika saya mengatakan tidak ada hasil yang akan menghianati usaha namun pada saat ini saya benar-benar merasakan apa yang ada pada kalimat ajaib tersebut,” katanya melalui akun facebook pribadinya.


“Tentunya saya mengucapkan beribu ribu terimakasih untuk Allah SWT, untuk orang tua saya, keluarga dekat dan teman-teman, paguyuban kethuk kenang Pacitan, tim kreatif, semua sponsor, serta seluruh masyarakat Pacitan yang telah mendoakan serta mendukung penuh saya dalam ajang pemilihan duta wisata Jatim ini. Tidak akan mendapatkan semua hasil ini tanpa mereka semya. Terimakasih banyak,” lanjut perempuan asal Kecamatan Tegalombo ini.

Rani raih Raki Favorit Jatim 2016. (AphroditeCreative Production, Foto by PsAnggara PhotoArts, MUA & Hairdo : TikaPutri)
Rani raih Raki Favorit Jatim 2016. (AphroditeCreative Production, Foto by PsAnggara PhotoArts, MUA & Hairdo : TikaPutri)

Selain Rani, satu duta wisata asal Kabupaten Ngawi juga berhak mendapatkan prestasi Raka Favorit 2016. Sementara gelar Raka Raki Jatim 2016 disabet oleh Raka Kota Malang dan Raki Kabupaten Pamekasan.

Sebelum terpilih menjadi Raki favorit, Rani adalah sosok prestatif. Sebelum menyandang gelar Kethuk Pacitan 2015, Rani pernah sebagai pasukan pengibar bendera merah putih saat momentum peringatan 17 Agustus 2013 di Pacitan. Selain itu Rani juga tercatat sebagai penari tari kolosal Pacitan Bumi Kaloka.

Sempat terjadi insiden salah sebut

Raki Favorit. (FOto: Purwarani/FB)
Raki Favorit. (FOto: Purwarani/FB)

Sebelum Rani dinisbahkan sebagai Raki favorit, pembawa acara Grand final tersebut sempat salah menyebut bahwa Raki Rininta Oktavira sebagai perwakilan Kota Mojokerto dinyatakan sebagai Raki Favorit 2016 oleh penyelenggara saat disaksikan Gubernur Jatim Soekarwo. Kejadian ini hampir mirip saat grand final Miss Universe beberapa waktu lalu.

Belakangan, setelah acara Pakde Karwo keluar dari acara, Raki Favorit 2016 justru diraih Rani yang mewakili Kabupaten Pacitan. Usai acara, perwakilan Pemkot Mojokerto langsung menghampiri penyelenggara Raka Raki Jatim 2016 di belakang panggung kenapa ada kesalahan begitu fatal.

Sebagai informasi, Raka-Raki Jatim sendiri yang mana mereka akan mewakili daerah sendiri yang ada di Provinsi Jatim, dan nanti akan dipilih untuk mewakili Jatim menjadi duta wisata dengan tugas  membawa suara dan menginformasikan kepada seluruh dunia atas keindahan Jatim.


Sebagai informasi, saat ini Jatim memiliki aset 774 daya tarik wisata alam, budaya, dan minat khusus, serta 8 etnis budaya yaitu Arek, Osing, Karo, Pendalungan, Madura, Panoragan, Samin dan Mataraman. Obyek dan daya tarik wisata itulah yang harus dikenalkan pada dunia , itu juga adalah tugas para raka-raki nanti nya untuk memperkenalkan pada masyarakat Indonesia dan juga Internasional.

Pada tahun ini, Raka Raki ke 16 diikuti oleh 37 pasangan perwakilan dari kabupaten/kota di Jatim. Para peserta harus mengikuti karantina selama satu minggu untuk mendapat pembelajaran mengenai public speaking dan public relation, serta melalui penjurian ketat seperti kecerdasan/brain, tingkah-laku/behavior dan  kecantikan/beauty yang dilakukan oleh Dewan Juri Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2016.

Berikut daftar pemenang Raka Raki Jatim 2016:

1) Raka Raki Jawa Timur 2016 : Raka Kota Malang dan Raki Kabupaten Pamekasan

2) Raka Raki Wakil 1 Jawa Timur 2016 : Raka Kabupaten Banyuwangi dan Raki Kabupaten Jember

3) Raka Raki Wakil 2 Jawa Timur 2016 : Raka Kota Kediri dan Raki Kota Surabaya

4) Raka Raki Harapan 1 Jawa Timur 2016 : Raka Kabupaten Gresik dan Raki Kabupaten Gresik

5) Raka Raki Harapan 2 Jawa Timur 2016 : Raka Kota Batu dan Raki Kabupaten Bangkalan

6) Raka Raki Persahabatan Jawa Timur 2016 : Raka Kabupaten Banyuwangi dan Raki Kabupaten Bojonegoro

7) Raka Raki Berbakat Jawa Timur 2016 : Raka Kabupaten Lumajang dan Raki Kabupaten Ngawi

8) Raka Raki Berbusana Terbaik 2016 : Raka Kota Malang dan Raki Kabupaten Kediri

9) Raka Raki Favorit Jawa Timur 2016 : Raka Kabupaten Ngawi dan Raki Kabupaten Pacitan

(RAPP002)