Diduga Heat Stroke, Dua Peserta Diklat SAR Mapala Meninggal di Pantai Dangkal

oleh -1.932 views
Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)
Kawasan Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Dua siswa peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) SAR Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Kabupaten Ponorogo meninggal dunia saat mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut digelar di kawasan Pantai Dangkal, Desa Worawari, Kecamatan Kebonagung pada Sabtu (21/12/2019) sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Dua orang yang meninggal dunia tersebut adalah Hasyim Asyari yang beralamatkan di Jalan Parang Centung Patihan Wetan, Babadan Ponorogo dan Doni Prastyo dari Dukuh Krajan, Desa Ngampel Kecamatan Balong Ponorogo.

Informasi yang dihimpun polisi dari sejumlah saksi kejadian, dimana para saksi tersebut masing-masing bernama Saiful Akbar, Bryan Yuduf Yanuar, Suhada dan Taufik, kedua mahasiswa tersebut meninggal saat rangkaian kegiatan tersebut.

Awalnya, pada Sabtu (21/12/2019) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB, rombongan diklat SAR Mapala yang terdiri dari 40 orang memulai kegiatan  dari rumah Kabul, warga Dusun Petung, Desa Mantren, Kebonagung menuju ke  Pantai Dangkal, Desa Worawari Kecamatan Kebonagung.

Pada siang harinya, sekitar pukul 11.15 WIB, rombongan tiba di pantai Dangkal Desa Worawari, tiba- tiba dua orang siswa yakni Hasyim Asyari dan Doni Prasetyo mengalami pusing. Selanjutnya kedua korban ditangani oleh tim medis dari Mapala tetapi tidak mampu dan korban masih merasa pusing.

Dua korban kemudian dibawa ke Puskesmas Kebonagung untuk mendapatkan perawatan. Namun korban tidak tertolong dan dari dokter Puskesmas menyatakan dua korban sudah meninggal dunia.

Aparat dari Kepolisian Sektor Kebonagung kemudian meminta keterangan dari delapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo atas kejadian tersebut. Selanjutnya dua jenazah korban dibawa ke RSUD Pacitan untuk dilaksanakan visum.

Diduga, penyebab meninggalnya dia orang peserta DIklatsar Mapala Unmuh Ponorogo tersebut akibat Heat Stroke. Heat stroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti  meninggalnya dua orang siswa Diklatsar MAPALA Unmuh Ponorogo tersebut.