Pelaku UMKM Apresiasi Kegiatan Kurasi Produk di Pacitan

oleh -Dibaca 1,304 kali
Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pacitan Catur Martiningsih mengapresiasi kegiatan kurasi produk UMKM untuk scale up dengan tajuk “UMKM Naik Kelas” pada Kamis (3/8/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pacitan Catur Martiningsih mengapresiasi kegiatan kurasi produk UMKM untuk scale up dengan tajuk “UMKM Naik Kelas” yang diselenggarakan pada Kamis (3/8/2022) di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pacitan.

Baca juga: Beri Pelatihan dan Pendampingan, Rumah Kurasi Jatim Dorong UMKM di Pacitan Naik Kelas

Perempuan yang memiliki produk berupa keset dari kain perca ini mengaku belum pernah ada kegiatan kurasi produk sebelumnya.

“Acara ini bagus sekali mas, saya selaku pelaku UMKM belum pernah ada acara seperti ini, untuk sharing produk saya seperti apa dan sebagainya,”kata dia saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Selama menjalankan UMKM keset perca itu, Catur mengungkapkan pasarnya masih lokal di wilayah Pacitan. Selain itu dari sisi perizinan dirinya mengakui juga ada kekurangan.

“Ini baru ada surat keterangan usaha dari kelurahan dan NIB, jadi kegiatan ini menjadi jembatan untuk saya agar UMKM lebih berjalan,”jelasnya.

Catur sendiri memiliki sejumlah kreasi produk keset dengan kisaran harga Rp20 ribu hingga Rp25 ribu.

“Untuk UMKM saya mengedepankan bahan baku limbah, bahasa saya limbah menjadi berkah, salah satunya juga ada limbah seprei dari Sirnoboyo saya juga bikin totebag dan pensil,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kadin Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Pemeirntah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar kegiatan kurasi produk UMKM untuk scale up dengan tajuk “UMKM Naik Kelas” yang diselenggarakan pada Kamis (3/8/2022) di Kantor Kadin Pacitan.

Kegiatan yang diikuti 50 UMKM ini diisi dari rumah kurasi Jawa Timur, yang diharapkan agar UMKM memiliki standar mutu dan kelayakan.

Ketua Kadin Pacitan Sutomo menjelaskan kegiatan pelatihan kurasi ini bisa meningkatkan perekonomian UMKM di Pacitan.“Termasuk kita memfasilitas teman-teman UMKM yang belum punya izin, baik PIRT, BPOM, Halal atau SNI,”kata Sutomo.

No More Posts Available.

No more pages to load.