Gandeng Icon+ dan PT LDN, Desa Ngreco Tegalombo Kini tak Lagi Blank Spot

oleh -18 Dilihat

Pacitanku.com, TEGALOMBO — Sebanyak 270 Kepala Keluarga (KK) di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan kini bisa menikmati jaringan internet yang cukup cepat dan stabil.

Itu terjadi setelah Icon+, anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang internet melakukan ekspansi yang diinisiasi oleh PT Lentera Digital Nusantara di daerah tersebut.

Menurut Kepala Desa Ngreco, Susilo Hadi, dulunya Desa Ngreco merupakan daerah yang sulit sinyal atau Blank Spot.

“Dari 12 desa yang ada di Kecamatan Tegalombo, Desa Ngreco yang paling sulit akses komunikasinya. Semua operator seluler tidak bisa menjangkau didaerah kami,” jelas Ulil, panggilan akrabnya kepada Pacitanku.com, Rabu (16/2/2022).

Beberapa Kepala Desa sebelumnya, Ulil melanjutkan, pernah bersiap untuk membangun tower salah satu operator seluler.

“Sudah melakukan perjanjian dan mempersiapkan lahan, namun hal itu tidak terealisasi. Kemudian kami memakai jasa internet tembak, namun kecepatan masih sangat kurang. Tetapi hal itupun sangat membantu akses komunikasi kami,”kata dia.

Baru setelah dirinya menjabat, Ulil memiliki visi dan misi yaitu Desa Ngreco Pintar.

“Dari Dana Desa, kami anggarkan untuk mewujudkan internet yang stabil. Kami menggandeng PT LDN dan Icon+ untuk membangun jaringan internet didesa kami,” urai Kades Ngreco tersebut.

Setelah hampir 4 bulan pembangunan infrastruktur internet didesanya, kini menurut Ulil, bisa menikmati jaringan internet yang cukup stabil dan lancar.

“Alhamdulillah, kami sekarang bisa menikmati akses internet yang cukup cepat dan stabil. Ini sangat membantu kami untuk berkomunikasi dan mengerjakan pekerjaan di desa yang sebagian besar secara online. Anak-anak kami yang masih pelajar juga bisa memanfaatkan akses ini. Kami sangat bersyukur sekali,”jelasnya.

Kedepan, Ulil mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan agar Desa Ngreco bisa lebih maju dalam hal perekonomian melalui akses digital.

“Seperti pemasaran online produk-produk lokal dari desa kami,”pungkas Ulil.

Sementara menurut salah satu warga, Katri Siswanto, dirinya sangat senang saat akses internet yang cukup cepat dan stabil bisa terwujud didesanya.

“Dulu kalau berkomunikasi cukup sulit mas. Lalu kami menggunakan WiFi Tembak, namun untuk membuka  Internet di Laptop masih sangat lambat. Namun dengan jaringan Icon+ ini bisa mengatasi kendala itu. Kini kami bisa melihat YouTube tanpa kluwer-kluwer (buffering) lagi,” ucap Katri yang merupakan salah satu Ketua RW di Dusun Krajan Desa Ngreco.

Pun dengan Mbah Parno, warga Desa Ngreco di wilayah atas juga menyampaikan kegembiraannya.

“Dulu itu susah mas kalau mau telpon keluarga yang di Jakarta harus ke Tegalombo dulu, karena disini tidak ada sinyal. Tetapi kini sampun sae (sudah bagus). Semoga nanti tetap lancar terus,”ucapnya sambil tersenyum.

No More Posts Available.

No more pages to load.