Kejadian Bencana Tahun 2021 di Pacitan Didominasi Tanah Longsor

oleh -Dibaca 400 kali
SIAP SIAGA. Kasi kesiapsiagaan dan pencegahan BPBD Pacitan saat membekali para agen bencana pada Ahad (6/6/2021) di Pancer Dorr. (Foto: M Akhliss Sofan)

Pacitanku.com, PACITANBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan merilis akumulasi kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Pacitan sepanjang tahun 2021.

Mengutip dari laman Instagram BPBD Pacitan, Rabu (5/1/2022), bencana hidrometeorologi masih mendominasi kejadian bencana di Kabupaten Pacitan sepanjang tahun 2021.

“Dari data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan hingga akhir Desember 2021 tercatat setidaknnya 441 kejadian bencana. Dari sejumlah itu, sekitar 75 persen didominasi kejadian tanah longsor dengan 330 kejadian,”demikian bunyi rilis yang diunggah tersebut.

Selain itu, BPBD Pacitan menyebut dampak bencana sepanjang tahun 2021 meliputi rumah sebanyak 354 rumah terdampak.

“Kemudian jalan terdampak 30, talud terdampak 18, sekolah atau Gedung terdampak 18, saluran air atau irigasi terdampak 7, tempat ibadah 5, lahan Pertanian 4, Jembatan 2 dan korban meninggal 1 orang, dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 9,6 miliar.

Sementara, Bupati Pacitan saat menyambangi BPBD Pacitan pada Selasa (4/1/2022) kemarin mengatakan pentingnya upaya peningkatan kewaspadaan dan mitigasi bencana, mengingat potensi yang ada di Kabupaten Pacitan.

“Banyak sekali potensi bencana yang ada di Kabupaten Pacitan, tentunya hal ini harus menjadikan kita semua lebih tanggap dan menjadi ujung tombak dalam hal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,”kata Bupati, mengutip siaran pers BPBD Pacitan.

Bupati juga menekankan bahwa bencana tidak bisa dibebankan satu pihak saja. Menyikapi kebencanaan yang frekuensinya terus meningkat setiap tahun, pemikiran terhadap penanggulangan bencana harus dipahami dan diimplementasikan oleh semua pihak.

Di awal tahun 2022 ini sendiri, pucuk pimpinan BPBD Pacitan berganti. Dari yang semula dipimpin oleh Didik Alih Wibowo sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pacitan, kini pucuk pimpinan dipimpin oleh Erwin Andri Atmoko sebagai Kalaksa BPBD Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.