Semua Destinasi Wisata di Pacitan Dibuka, Kadisparpora: Ini Angin Segar Dunia Pariwisata

oleh -2 Dilihat
DIBUKA KEMBALI. Bupati Pacitan membuka secara simbolis seluruh destinasi wisata di Pacitan pada Kamis (18/11/2021) di Pantai Klayar, Pacitan. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra menyambut baik dibukanya semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan.

Menurut pria yang akrab disapa Andi ini, dibukanya destinasi wisata itu menjadi angin segar dunia pariwisata di Pacitan.

Hal itu disampaikan Andi saat mendampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji membuka secara simbolis destinasi wisata pada Kamis (18/11/2021) di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

“Ini adalah angin segar bagi dunia pariwisata kita mudah-mudahan dapat menggerakkan kembali ekonomi pariwisata sekaligus mengobati kangen masyarakat menikmati pariwisata di Pacitan,”kata Andi, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Jumat (19/11/2021).

Untuk diketahui Pemerintah Kabupaten Pacitan secara resmi membuka seluruh destinasi wisata di Pacitan mulai Jumat (19/11/2021).

Sebelum dibuka Andi mengatakan berbagai langkah sudah disiapkan untuk menyambut dibukanya kawasan wisata sesuai yang dipersyaratkan. Diantaranya, semua obyek wisata di Pacitan telah lolos sertifikasi standar keamanan dan kesehatan CHSE (Cleanliness Health Safety Environment Sustainability), terdaftar pada aplikasi Peduli Lindungi serta menerapkan prokes ketat.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, PPKM Kabupaten Pacitan akhirnya turun level dari level 3 ke level 2. Hal itu sesuai dengan Inmendagri nomor 60 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 COVID-19.

Dalam Inmendagri yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Senin (15/11/2021) itu, Pacitan berada di level 2 PPKM setelah selama kurun waktu sekitar 4 bulan lamanya Pacitan berada di PPKM level 3.

Pacitan sendiri masuk ke level 2 PPKM karena capaian total dosis vaksinasi ke-1 sudah mencapai ambang batas 50 persen dan capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia lebih dari 40 persen.

Sejumlah kelonggaran bisa dilakukan pada daerah dengan PPKM Level 2, termasuk Pacitan. Yang pertama, sesuai Inmendagri, fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen pengunjung.

Pembukaan destinasi wisata di Kabupaten Pacitan ini menyusul dua obyek wisata Goa Gong dan Goa Tabuhan yang lebih dahulu mendapat rekomendasi pembukaan pada Jumat (5/11/2021) lalu. Masyarakat Pacitan pun mulai bisa mengunjungi semua destinasi wisata di Pacitan mulai Jumat (19/11/2021) besok. (red/Humas/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.