Cek Kondisi Talud Dam Ambrol di Arjosari, Bupati Minta Warga Sekitar Waspada Hujan Deras

oleh -0 Dilihat
PANTAU KONDISI. Bupati Aji saat mengecek kondisi talud ambrol di Madekan Jetiskidul Arjosari, Rabu sore. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI — Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengecek kondisi terkini talud Dam Kedung Sapi, Dusun Madekan, Desa Jetiskidul, Kecamatan Arjosari, pada Rabu (23/6/2021) sore.

Saat mengecek kawasan terdampak bencana talud ambrol itu, Bupati Aji mengharapkan masyarakat setempat untuk waspada. Mengingat potensi hujan deras yang bisa terjadi.

“Untuk keselamatan penduduk disini karena ada dua atau tiga rumah yang berdekatan, kami harapkan warga sekitar meningkatkan kewaspadaan,”ujar Bupati Aji, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan, Rabu sore.

Lebih lanjut, mantan Ketua DPRD Pacitan ini meminta kepala desa setempat untuk turut memantau dan mengingatkan warganya jika terjadi hujan deras untuk segera mengungsi.

Untuk mengatasi derasnya aliran sungai, Bupati Aji akan berusaha mencari solusi jangka pendek, misalnya dengan menyalurkan air ke area persawahan sekitar untuk mengurangi volume.

“Untuk jangka panjang kita akan berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS BS) untuk penanganan lebih lanjut,”imbuhnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Senin malam mengakibatkan banjir pada anak sungai Grindulu. Derasnya air mengakibatkan talud bendungan sepanjang kurang lebih 50 meter ambrol pada Senin (21/6/2021) sekitar pukul 19.00 WIB.

Robohnya bangunan memicu rekahan tanah hingga ke permukiman warga. Tak pelak dua rumah yang lokasinya berdekatan dengan bendungan ikut terancam.

Selain mengecek kondisi talud Dam yang ambrol, Bupati juga mengecek banjir batu di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.


Talud Dam di Arjosari Jebol, Warga Terdampak Mengungsi

No More Posts Available.

No more pages to load.