Pacitan Resmi Luncurkan Mesin ADM untuk Permudah Layanan Kependudukan

oleh -12 Dilihat
MESIN ADM. Bupati Aji saat menjajal mesin ADM di Kecamatan Tulakan pada Selasa (8/6/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, TULAKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akhirnya resmi meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Peluncuran ini juga bagian dari upaya Pemkab Pacitan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Peluncuran mesin ADM tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada Selasa (8/6/2021) di Kecamatan Tulakan.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,”kata Bupati Aji, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Kecamatan Tulakan dipilih untuk launching ADM karena kecamatan tersebut memiliki jumlah penduduk terbanyak.

Baca juga: Jadi Provinsi Percontohan, Cetak Dokumen Kependudukan di Jatim Kian Mudah Lewat ADM

Bupati berharap, dengan ADM ini masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan seperti KTP lebih mudah dan murah karena cukup di tingkat kecamatan.

Bupati ingin alat ini dapat memangkas waktu dan biaya dalam pengurusan administrasi kependudukan. Untuk itu sosialisasi harus dilakukan agar keberadaan mesin ini dapat diketahui dan dimanfaatkan masyarakat. Pemkab sendiri akan mengevaluasi sistem kerja ADM  apakah efektif dan efisien diterapkan di Pacitan.

“Jika memang lebih baik dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari ADM  untuk pengadaan kenapa tidak,”pungkas Bupati Aji.

Sebagaimana diketahui, ADM ini merupakan terobosan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk mendigitalisasi layananan kependudukan. Serta bisa mencetak dokumen kependudukan dalam waktu tidak lebih dari satu setengah menit dan bisa dari mana saja sesuai QR Code yang sudah diregistrasi di dukcapil setempat.

Sehingga, tentunya hal ini akan mempermudah, mendekatkan dan mempercepat layanan kependudukan kepada masyarakat. Khususnya dalam hal pengurusan e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, hingga kartu keluarga. (red)

Bupati Aji Siap Bersinergi Wujudkan Pacitan Bahagia dan Sejahtera, Bagaimana Caranya?

No More Posts Available.

No more pages to load.