Sehari jelang Hari Jadi Pacitan ke-276, Bupati Pacitan Ziarah Makam Cikal Bakal Pacitan

oleh -2 Dilihat
Indartato berziarah di Makam Kanjeng Jimat Kamis (18/2/2021) atau sehari jelang hari Jadi Pacitan ke-276. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan beserta rombongan kecil melakukan ziarah ke makam cikal bakal pendiri Kabupaten Pacitan pada Kamis (18/2/2021) di makam Giri Sampurno, Desa Tanjungsari, Pacitan.

Di pemakaman inilah, tokoh pendiri Pacitan dimakamkan yakni Mas Tumenggung Jogokarjo 1 atau Kanjeng Jimat disemayamkan. Memiliki nama lain Joyoniman, Kanjeng Jimat merupakan tokoh yang memiliki peran penting bagi Kabupaten Pacitan.

Ia dikenal sebagai Bupati kelima yang  memimpin daerah dengan sebutan Wengker Kidul ini. Banyak peziarah datang tidak hanya dari masyarakat lokal namun juga dari luar daerah. Terlebih, saat momen hari jadi Pacitan.

Seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan, Bupati Indartato bersama jajaran selalu berziarah untuk mendoakan para arwah pendahulu yang menjadi cikal bakal kabupaten berjuluk Paradise of Java ini.

Selain Mas Tumenggung Jogokarjo, ziarah juga berlangsung dimakam tokoh pendahulu lain. Yakni, Raden Tumenggung Setroketipo di Desa Widoro serta Raden Tumenggung Notopuro di Desa Kembang.

Dalam setiap kesempatan berziarah, Bupati Indartato selalu menekankan pentingnya generasi penerus meneladani juga mendoakan para leluhur. Kemajuan serta perkembangan Pacitan saat ini tidak lepas dari jasa dan pengabdian para pendahulu. Menjadi kewajiban generasi penerus, melanjutkan perjuangan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan hari jadi Kabupaten Pacitan tahun ini berlangsung sangat sederhana.  Karena alasan pandemi COVID-19, ziarah dan doa untuk para leluhur tidak menyertakan seluruh pejabat pemkab dan masyarakat umum.

Demikian pula dengan prosesi hari jadi. Malam puncak dilaksanakan sujud syukur dan doa bersama oleh seluruh masyarakat Pacitan dilakukan di masjid dan mushola masing masing. Tema hari jadi ke 276 Kabupaten Pacitan tahun 2021 adalah ‘Tangguh Ing Laku Sarana Iman Aman & Imun. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.