Pemkab Pacitan ‘Kick Off’ Vaksinasi Perdana Mulai Sabtu 30 Januari 2021

oleh -0 Dilihat
VAKSINASI. Bupati Pacitan didampingi Plt Kadinkes saat menerima kedatangan vaksin di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melakukan kick off vaksinasi Covid-19 perdana di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pacitan di Desa Mentoro pada Sabtu (30/1/2021) mendatang.

“Jadwalnya besok hari Sabtu tanggalnya 30 Januari 2021 jam 9 di Puskesmas Pacitan di Desa Mentoro,”kata Bupati Pacitan kepada awak media usai kedatangan vaksin Sinovac di Pacitan pada Selasa (26/1/2021) sore.

Baca juga: Pekan ini, Vaksinasi Corona di Pacitan akan Dimulai

Lebih lanjut, Indartato mengatakan sesuai tahapan dari Pemerintah Pusat, tahap pertama yang diutamakan adalah para tenaga Kesehatan (nakes) yang berada di garda terdepan penanganan COVID-19 di Pacitan.

“Sudah barang tentu sesuai dengan petunjuk atasan yang diutamakan adalah tenaga Kesehatan, baru pelayan masyarakat, lha mudah- mudahan ini juga berhasil, dan saya berharap kepada semuanya mari kita dukung ini semua untuk melindungi masyarakat,”tandasnya.

Untuk diketahui, pendistribusian vaksin jenis sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk Pacitan telah dilaksanakan pada Selasa (26/1/2021).

Proses penjemputan vaksin tersebut dilakukan di perbatasan Pacitan-Ponorogo dengan pengawalan ketat dari jajaran TNI dan Polri. Vaksin COVID-19 kemudian tiba di Pacitan Selasa sore sekitar pukul 18.00 WIB dan diterima langsung oleh komandan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Indartato.

Pelaksana harian (Plh) Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Susilo Ari Wardani selaku tim pengantar vaksin COVID-19 ke Pacitan menjelaskan pada Selasa petang proses pengantaran vaksin COVID-19 tersebut dilakukan di lima kota. Di Kabupaten Pacitan sendiri, total 2.400 vaksin untuk penyuntikan tahap pertama telah sampai.

“Jadi kami berangkat dari gudang farmasi provinsi satu truk ini ke lima daerah hari ini, yakni ke Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek dan terakhir ke Kabupaten Pacitan dengan tetap menjaga stabilitas mutu vaksin,dimana suhunya terjaga di kisaran 2,8 celcius, di mobil kita pantau, disini kita pantau dan di gudang kita pantau,”jelas Susi.

Secara khusus, Susi mengatakan perjalanan dari Kota Surabaya ke Pacitan berjalan dengan lancar. Dirinya pun berharap vaksin tersebut segera disuntikkan kepada tenaga Kesehatan pada tahapan pertama.

“Tadi berangkat dari Surabaya pukul 10.30 WIB dibantu dengan teman-teman Polda, dan tahap pertama bisa segera disuntikkan ke tenaga Kesehatan untuk perlindungan sebagai garda terdepan,nanti teman-temandinas Kesehatan yang menindaklanjuti,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.