Yudi Sumbogo Dorong Adanya Jurusan Pertanian dan Perikanan di Kampus AKN Pacitan

oleh -13133 views
Yudi Sumbogo dan Ketua PDIP Pacitan Eko Setyoranu. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon bupati Pacitan nomor urut 2 Yudi Sumbogo berusaha semaksimal mungkin mengeksplorasi potensi yang ada di Kabupaten Pacitan, diantaranya adalah sektor pertanian dan perikanan.

Hal itu disampaikan oleh Yudi Sumbogo saat bertemu dengan pewarta, Kamis Malam (15/10/2020) di kediaman pribadinya.

Menurut Yudi, selama ini pertanian di Kabupaten Pacitan belum bisa tergarap dengan baik, padahal sebagian besar warga Pacitan merupakan petani dan pekebun.

“Lahan kita sangat subur, namun komoditas yang menguntungkan bagi para petani kita belum tergarap dengan baik. Seperti di Pakisbaru, Nawangan, tanaman kopi sangat bagus namun akhir-akhir ini diganti dengan tanaman jeruk, karena belum ada keuntungan yang dirasakan oleh petani disana.

Dengan kondisi itu,  perlu pemahaman yang bagus agar para petani bisa fokus dalam satu komoditas yang bisa menguntungkan dan menyejahterakan.

Selanjutnya, Yudi Sumbogo juga menyoroti tentang regenerasi nelayan di Kabupaten Pacitan.

“Selama ini nelayan dari Cilacap dan Makassar yang mendominasi mejadi nelayan ulung di Laut Pacitan, karena tangkapan mereka merupakan ikan yang berkualitas,”ujarnya.

Selain itu, Yudi mengatakan nelayan yang asli Pacitan keahliannya kurang bisa bersaing dengan mereka, padahal potensi laut kita amat sangat luar biasa.

“Ada pertemuan arus hangat dan arus dingin di laut Pacitan, disana banyak ikan yang berkualitas yang harganya mahal, seperti tuna, salmon, lemuru dan lainnya,”imbuh Wakil Bupati Pacitan petahana ini.

Untuk itu, Yudi menyampaikan bahwa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan yang memiliki gedung yang megah di Kabupaten Pacitan akan diprioritaskan untuk membuka jurusan unggulan Pertanian dan Perikanan.

“Dengan membuka dua jurusan unggulan itu, maka akan lahir petani dan nelayan yang berilmu cukup sekaligus bermental tangguh sehingga bisa membawa masyarakat Pacitan bisa tahu bagaimana bertani dan mencari  ikan yang menguntungkan dan akhirnya bisa mensejahterakan,”jelasnya.

Yudi juga menyampaikan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) prodi Teknik Pertanian dan Perikanan.

“Selain mendapatkan teori yang cukup, tempat praktik di Pacitan juga sangat tersedia, sehingga generasi muda di Pacitan akan tetap bisa mewarisi profesi leluhurnya dengan lebih menguntungkan sehingga ekonomi dapat berputar dengan baik di Kabupaten Pacitan, endingnya adalah peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Pacitan,”pungkasnya.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan