Aji-Gagarin Memiliki Program Aksi UMKM Naik Kelas, Bagaimana Konsepnya?

oleh -13106 views
Aji dan Gagarin didampingi Indartato saat mendaftar sebagai Cabup-Cawabup Pacitan di KPU Pacitan sekaligus sebagai pendaftar pertama. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji dan Gagarin memilliki pogram aksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Seperti dikutip dari visi dan misi yang diunggah laman KPU Pacitan, Selasa (29/9/2020), program aksi tersebut merupakan bagian dari misi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata dan agraris yang didukung oleh sektor unggulan lainnya.

“Misi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui optimalisasi potensi wisata, peningkatan produktivitas bidang pertanian, peternakan, kehutanan rakyat, dan perikanan, serta pengembangan UMKM dan Koperasi sebagai  sektor unggulan yang didukung dengan kebijakan ekonomi pada sektor-sektor Iain,”demikian penjelasan yang tertuang dalam visi dan misi Aji-Gagarin.

Salah satu yang disinggung, adalah meningkatnya kualitas dan kuantitas manajemen lembaga UMKM dan Koperasi, meningkatnya peran BUMD dalam penggerakkan perekonomian daerah dan meningkatnya jumlah usahawan muda.

Misi dan strategi tersebut kemudian dijabarkan dalam program Aksi Peningkatan Perekonomian. Salah satu yang ingin dilakukan dalam program aksi tersebut adalah penguatan UMKM naik kelas.

“Program ini untuk meningkatkan kemampuan manajemen UMKM dan membantu mempermudah akses permodalan. Diharapkan UMKM menjadi pondasi ekonomi kerakyatan yang kuat, memiliki daya saing tinggi, dan mampu menyerap tenaga kerja,”demikian penjelasan dalam visi dan misi Aji-Gagarin.

Tak hanya itu, program aksi yang berkaitan dengan UMKM adalah optimalisasi peran dari BUMD di Pacitan.

“Dengan program ini BUMD diharapkan dapat bekerjasama dengan pelaku UMKM lokal dalam proses produksi, distribusi, dan pemasaran untuk memasksimalkan potensi daerah dalam membuat produk lokal yang berdaya saing global,”demikian penjelasan dalm visi dan misi tersebut.

Sebelumnya, pada pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pacitan pada Senin (21/9/2020) lalu, Gagarin memiliki sejumlah konsep untuk membantu pengembangan UMKM di Kabupaten Pacitan agar semakin maju. Salah satu yang ingin dilakukan adalah sinergi antara UMKM dengan Pemerintah.

“Saya tidak ingin (UMKM) ada yang maju sendiri, sementara yang lain tidak ada kemajuan, tapi sama-sama kesana, sehingga stimulan dari pemerintah, kebijakan dari pemerintah yang sudah memadai itu benar-benar bisa bermanfaat secara optimal,”kata Gagarin saat itu.

Sehingga, kata Gagarin, kalau pelaku UMKM punya slogan UMKM Bahagia, maka yang bahagia adalah semua yang terlibat dalam UMKM tersebut, termasuk para petani yang juga ikut berbahagia.

Baca juga: Begini Strategi Gagarin Mengembangkan UMKM di Pacitan Agar Semakin Maju

Jika dirinya menjadi pemimpin Pacitan, Gagarin juga memiliki gagasan bagaimana membuat kebijakan yang pro UMKM, salah satunya mengkooptasi untuk marketing produk UMKM tersebut.

“Kalau toh semuanya memungkinkan kita nanti juga akan membuat kebijakan yang mengkooptasi tempat-tempat marketing lainnya. Yang sekiranya mungkin bisa produk-produk dari UMKM dititipkan di tempat tersebut, misalnya kita bisa mengkooptasi terkait Indomaret dan Alfamart yang dalam perpanjangan izin atau mengurus izin diwajibkan untuk memiliki ketentuan memasarkan produk lokal. Itu hanya bisa dilakukan lewat pelakunya adalah yang mempunyai kewenangan pengambilan kebijakan,”jelasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Aji-Gagarin Nomor Urut 1, Mbogo-Isyah Nomor Urut 2, Apa Kata Para Paslon?