Gagarin Punya Keinginan Produk Pacitan dari Hasil Bumi dan Rumpun Agraris Ditingkatkan Derajatnya

oleh -13119 views
Gagarin saat menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan UMKM oleh KADIN Pacitan, Senin (21/9/2020) di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Pacitan Gagarin memiliki keinginan untuk mengembangkan produk hasil bumi di Pacitan dari rumpun agraris di Pacitan bisa ditingkatkan derajat nilainya.

Hal itu disampaikan Gagarin saat memberikan sambutan dalam pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Industri (Kadin) Pacitan, Senin (21/9/2020) di aula hotel Srikandi, Jalan A yani nomor 60 A Pacitan

“Saya juga punya suatu angan-angan, bagaimana produk-produk Pacitan ini dari hasil bumi dan dari hasil rumpun agraris bisa ditingkatkan derajat nilainya, lewat usaha UMKM, lewat produktivitas, produk-produk makanan bisa bersaing dengan misalanya Malangsari yang sudah menasional, itu menjadi keinginan saya,”kata dia.

Lebih lanjut, pria yang punya latar belakang sebagai pengusaha jagal sapi ini menginginkan Pacitan kedepan benar-benar ada perhatian di bidang rumpun agraris. Hal itu, kata dia, bukan tanpa alasan. Sebab Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Pacitan yang tertinggi ditopang dari rumpun agraris.

“PDRB Pacitan itu adalah yang paling besar dipasok dari rumpun agraris, pertanian, peternakan perkebunan, di 2017 saya baca di data, dan ini selalu saya sampaikan tatkala saya rapat-rapat di DPRD, jumlah penduduk kita itu jelas sebagain besar bermata pencaharian rumpun agraris, maka memberikan support memberikan kontribusi terhadap PDRB kabupaten Pacitan,”jelas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pacitan ini.

Di tahun 2017 misalnya, kata Gagarin, sebanyak 43 persen PDRB Kabupaten Pacitan dipasok dari rumpun agraris. Kemudian, imbuhnya, pada tahun 2018 mengalami penurunan.

“Tahun 2018 38 persen tetapi  tetap yang tertinggi dibandingkan bidang-bidang yang lainnya, di tahun 2019 menjadi 30 persen tetapi juga masih tetap yang tertinggi pemasok PDRB Kabupaten Pacitan,”tandasnya.

Dengan data itu, kata Gagarin, rumpun agraris ini memberikan peran kotribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di Pacitan.‘’Di rumpun agraris bisa menghasilkan bahan baku untuk membuat kripik singkong, di rumpun agraris mungkin menjadi bahan baku yang lainnya,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Didukung Koalisi “Gemuk”, Berapa Target Perolehan Suara Aji-Gagarin di Pilbup Pacitan?