Gagarin: Pariwisata Bisa Jadi Market untuk Support Pengembangan UMKM

oleh -13115 views
NARASUMBER. Bacawabup Gagarin saat menjadi pemateri dalam kegiatan UMKM KADIN Pacitan, Senin (21/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Pacitan Gagarin menyebut pariwisata menjadi salah satu sektor yang turut membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pacitan.

Hal tersebut disampaikan Gagarin saat memberikan sambutan dalam pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Industri (Kadin) Pacitan, Senin (21/9/2020) di aula hotel Srikandi, Jalan A yani nomor 60 A Pacitan.

“Selanjutnya setelah kita mensupport rumpun agraris, harapan kita dari rumpun agraris ini bisa menjadi produk-produk olahan yang dikelola oleh UMKM. Pasarnya kedepan dipersiapkan dengan pariwisata marketnya,”kata dia.

Menurut pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pacitan ini, pariwisata di Pacitan harus ditopang dengan tidak berorientasi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi.

“Pariwisata ini harus kita topang, kita jangan berorientasi kepada PAD dari retribusi, tetapi kita membuka seluas-seluasnya kunjungan dari warga masyarakat dari luar Kabupaten Pacitan ke Pacitan ini, sehingga nanti itu berikutnya UMKM didorong untuk bisa meningkatkan nilai-nilai dari produk rumpun agraris dan ekonomi kreatif lainnya, misalnya batik dan karya-karya seni lainnya,”jelasnya.

Disisi lain, pria yang berlatar belakang pengusaha jagal sapi di Ngadirojo ini juga mengusulkan adanya showroom di tempat wisata yang bersinergi dengan UMKM.

“Jadikan market di pariwisata. Kita jadikan pasar, kita kalau perlu nanti membangun showroom di tempat wisata yang akan digunakan oleh UMKM di dalam pemasarannya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Gagarin sendiri maju sebagai Bacawabup dalam Pilbup Pacitan bersama Bakal calon Bupati Indrata Nur Bayuaji dan diusung Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan, diawali dengan pendaftaran pasangan calon pada Jumat (4/9/2020) hingga Ahad (6/9/2020) lalu. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan pasangan calon pada Rabu (23/9/2020) dilanjutkan pengundian nomor urut pada Kamis (24/9/2020).

Tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang. Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Blak-blakan Klarifikasi Gagarin Seputar Isu yang Berhembus di Pilbup Pacitan