GTPP Corona Pacitan Tidak Merekomendasikan Pemakaian Masker Scuba

oleh -13252 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Masyarakat diharapkan tidak panik dan resah, seiring imbauan pemerintah melalui gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 pusat untuk tidak menggunakan masker bentuk scuba.

Menurut juru bicara tim komunikasi publik, GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, sejatinya persoalan tersebut lebih didasarkan pada bahan yang digunakan di masker bentuk scuba.

Selama ini, lanjut Rachmad, masker scuba yang banyak dijual di pasaran berbahan kain melar dan tipis.

“Sehingga ketika dipakai, kain akan melar dan rongga akan terbuka lebih lebar. Persoalan ini yang diduga tidak bisa menangkal virus dari si pemakai. Begitupun tidak bisa menangkal virus dari luar. Jadi karena alasan itu, GTPP tidak merekomendasikan pemakaian masker scuba,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Pacitan ini, Jumat (18/9/2020).

Namun begitu, kalau seandainya masker jenis scuba dibuat dari bahan atau kain lebih tebal dan minimal dua lapis, tentu tidak menjadi soal untuk dipakai dalam upaya pencegahan penyebaran coronavirus.

“Sebenarnya lebih berkutat dari masalah bahan. Kalau diganti dengan kain lebih tebal dan minimal dua lapis, masker berbentuk scuba tetap aman dipakai,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rachmad juga menjelaskan, kalau detik ini harga masker bedah mulai menunjukkan tren penurunan harga. Sehingga masih bisa terjangkau oleh masyarakat luas.

“Saat ini harga masker bedan non medis sudah banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Yang terpenting, bagaimana masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan. Pakailah masker saat keluar dari rumah dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir,” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Pesan Jubir GTPP: Laksanakan 3M Cegah Virus